Kompas.com - 30/01/2021, 16:02 WIB
Per mobil YURE OTOMOTIFPer mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu komponen penunjang kenyamanan dalam kendaraan penumpang adalah suspensi. Secara umum ada dua tipe suspensi, pertama ada per daun dan satu lagi per keong atau coil spring.

Kali ini Otopedia akan membahas soal per keong mulai dari fungsinya, cara kerja, apa saja komponennya dan bagaimana cara merawatnya. Secara bentuk, per keong tidak berbentuk seperti keong, hanya busi berbentuk spiral untuk meredam getaran dari jalan yang dilewati.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi mengatakan, fungsi dari per keong sama saja dengan suspensi pada umumnya, yaitu meredam getara dari jalan ke bodi kendaraan.

Baca juga: Ke Bali Naik Bus? Ini Keberangkatan dari Jakarta, Yogyakarta dan Surabaya

Per mobilBENGKEL ARUM SARI PURWOKERTO Per mobil

“Karena karakterisitik per keong lebih empuk dan mengayun, sehingga ditambahkan shock absorber untuk meredam getarannya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Sabtu (30/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk bentuknya, per keong ada yang menyatu dengan shock absorber dan ada juga yang terpisah. Per keong bagian bawah dipasang ke bagian arm bawah (lower arm) dan bagian atas ke bodi.

“Untuk meredam bunyi, ada karet damper di antara mangkok (dudukan per) bagian atas dan bawah, serta untuk model yang menyatu dengan shock, ada damper lagi untuk dudukannya,” kata Didi.

Baca juga: Tarif Naik Bus dari Jakarta ke Padang, Mulai Rp 350.000

Soal model per keong, ada bermacam-macam, mulai dari dimensi ring atas dan bawah yang sama atau juga ada yang berbeda. Lalu, ada per sport kit yang memiliki perbedaan pada jarak alur pernya.

“Kemudian untuk perawatannya, perhatikan saja karet-karet dampernya karena umur bisa rusak. Sedangkan kalau pernya terbilang awet usia pakainya,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X