Terpaksa Kendarai Motor dengan Ban Bocor, Ketahui Dampaknya

Kompas.com - 30/01/2021, 15:42 WIB
Cek tekanan udara ban sepeda motor secara rutin Dok. DAMCek tekanan udara ban sepeda motor secara rutin

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang paling menjengkelkan saat mengendarai sepeda motor adalah ketika ban bocor. Dalam kondisi ini, mau tidak mau ban harus segera diperbaiki.

Untuk memperbaiki ban motor yang bocor, tentu harus dilakukan di bengkel atau di tukang tambal ban. Untuk mencapai tempat tersebut, akhirnya banyak pengendara yang memaksa jalan menggunakan motor dalam kondisi tersebut.

Baca juga: Jangan Cuek, Selalu Cek Kelayakan Ban Motor Sebelum Berkendara

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (produsen ban FDR), mengatakan, ban yang bocor karena terkena benda tajam dan tetap dipakai jalan akan berdampak pada kerusakan ban, baik tubeless atau tube type dan pelek.

Ban motor kempisFoto: motorcyclenews.com Ban motor kempis

“Kalau tubeless, benda tajam yang menempel di ban akan merusak struktur nylon cord sehingga memengaruhi konstruksi ban. Selain itu, valve juga akan rusak dan berpotensi robek, terlepas dari ban,” kata Jimmy, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan pada ban tube type atau yang masih memakai ban dalam, ban yang bocor dan dipaksakan jalan, bisa merusak ban dalam. Ban dalam bisa rusak atau sobek dan berpotensi tidak bisa dipakai lagi.

Baca juga: Jangan Cuek, Selalu Cek Kelayakan Ban Motor Sebelum Berkendara

“Efek selanjutnya yaitu pada pelek. Karena tidak ada bantalan penahan dengan jalan, bibir pelek jadi korbannya,” ujar Jimmy.

Tidak ada aturan atau cara yang lebih baik dalam mengendarai motor yang bannya bocor, baik untuk jarak maksimal atau kecepatan maksimal. Ketika ban motor sudah bocor, sebaiknya segera cari tempat tambal ban terdekat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.