Serunya Morbidelli Latihan di Motor Ranch Milik Rossi

Kompas.com - 23/01/2021, 08:42 WIB
Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy latihan di Motor Ranch Instagram @valeyellow46Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy latihan di Motor Ranch

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi sengaja membangun sirkuit  dirt track di rumah, Tavullia, Italia, sebagai tempat latihan. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga bersama anak didik dan teman-teman pebalap lainnya.

Rossi dan anak didiknya di VR46 Riders Academy secara rutin latihan di sirkuit tersebut. Tak terkecuali Franco Morbidelli, yang musim ini menjadi rekan setim Rossi di Petronas Yamaha Sepang Racing Team.

Baca juga: Morbidelli Batal Tunggangi Yamaha M1 Spek Pabrikan

Morbidelli membeberkan bagaimana situasi di sana saat latihan. Komando dimulai dari Rossi, kapan dan pukul berapa akan bertemu di Motor Ranch.

Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy latihan di Motor RanchInstagram @valeyellow46 Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy latihan di Motor Ranch

"Saat musim panas, biasanya pukul 17.00 sampai sekitar pukul 21.00. Saat musim dingin, tentunya kami bertemu sedikit lebih awal, karena malam juga datang lebih awal," ujar Morbidelli, dalam wawancaranya dengan Dainese, dikutip dari Speedweek.com.

Morbidelli menambahkan, sesi latihan di flat track ini biasanya dibagi menjadi tiga atau empat sesi latihan bebas. Lalu, dilanjutkan dengan beberapa lap cepat, baru ditutup dengan balapan.

Baca juga: Berpeluang Jadi Juara Dunia, Petronas Dukung Penuh Morbidelli

"Kami memutuskan bagaimana balapan diadakan di trek oval atau Americana Race. Itu saja, lalu setelahnya kami makan bersama di sana," kata Morbidelli.

Menurut Morbidelli, latihan flat track sangat penting manfaatnya untuk balapan di sirkuit aspal atau MotoGP.

Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy latihan di Motor RanchInstagram @valeyellow46 Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy latihan di Motor Ranch

"Anda akan terbiasa dengan ban selalu spin dan motor yang sliding. Anda terbiasa dengan itu dan menjadi sedikit terkejut ketika terjadi di balapan sebenarnya di trek aspal," ujar Morbidelli.

Meskipun hanya latihan, namun menurut Morbidelli, level persaingan tetaplah ketat. Semua peserta dari VR46 Riders Academy saling mendorong satu sama lain.

"Ini adalah sesuatu yang akan membuat Anda semakin lebih baik dan dengan pendekatan yang lebih baik. Sebab, Anda bersama teman-teman pada dasarnya hanya bersenang-senang sambil latihan. Anda juga latihan lebih baik karena bersama pebalap-pebalap yang luar biasa," kata Morbidelli.

Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy latihan di Motor RanchInstagram @valeyellow46 Valentino Rossi dan VR46 Riders Academy latihan di Motor Ranch

Di antara semua pebalap yang latihan di Motor Ranch, menurut Morbidelli, yang paling kencang adaah Rossi sendiri. Selain Rossi, adik tirinya, Luca Marini, juga menguasai trek tersebut.

"Rute di sini unik. Tidak ada tempat lain yang memiliki fasilitas, permukaan, dan layout seperti ini. Banyak hal yang kami lakukan di sini, tidak bisa dilakukan pebalap lain karena mereka tidak memiliki sistemnya," ujar Morbidelli.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X