Toyota Sediakan APAR Bebas Perawatan di Mobil Keluaran Terbaru

Kompas.com - 21/01/2021, 11:12 WIB
Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR) di mobil. challengertalk.comIlustrasi alat pemadam api ringan (APAR) di mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai tahun ini mobil keluaran baru diwajibkan untuk dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR).

Aturan tersebut termaktub dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang sudah disahkan pada 18 Februari 2020.

Baca juga: Auto2000 Padukan Layanan Online dan Offline

Keberadaan APAR ini sebagai pertolongan pertama saat terjadinya kecelakaan kebakaran yang menimpa mobil. Dengan adanya alat pemadam portabel tersebut diharapkan dapat mencegah timbulnya korban jiwa yang disebabkan mobil terbakar.

Auto2000Auto2000 Auto2000

Berkaca dari aturan tersebut, Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara mengatakan, semua mobil Toyota yang dijual oleh Auto2000 dengan Vehicle Identification Number (VIN) 2021 sudah dilengkapi oleh APAR yang free maintanance atau bebas perawatan.

Menurut Tara, APAR yang disematkan pada mobil Toyota, berbeda dengan APAR yang biasa dipakai di perkantoran atau untuk rumah tangga.

"APAR pada mobil Toyota ini bisa dikatakan free maintenance alias bebas perawatan, dan tidak perlu diganti isinya selama 8 tahun,” ujar pria yang akrab disapa Tara saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Berbeda dengan APAR yang biasa digunakan untuk mobil yakni berjenis dry powder. APAR tersebut memiliki masa kedaluwarsa dan perlu diganti isinya. Idealnya dilakukan pergantian atau diisi ulang setiap satu tahun sekali.

Baca juga: Auto2000 Catat Banyak yang Minta Servis Mobil di Rumah

Tara melanjutkan, apabila konsumen sudah sempat menggunakan APAR tersebut, Auto2000 menyediakan atau menjual APAR baru untuk mengganti yang sudah dipakai.

“Penggantian APAR ini terpisah dari program perawatan mobil atau servis berkala kendaraan. Artinya bila ada penggantian apar, tidak mendapatkan garansi atau tidak gratis penggantiannya,” kata Tara.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X