Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pencapaian Akhir Tahun Jadi Modal Optimis Mitsubishi di 2021

Kompas.com - 20/01/2021, 17:51 WIB
Stanly Ravel

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ikut merasakan pencapaian positif di akhir 2020 saat kondisi pandemi Covid-19 masih melanda.

Mitsubishi mengatakan, penjualan retail dari kendaraan penumpang dan niaga ringan pada Desember mencapai 6.769 unit. Jumlah tersebut tumbuh 26,3 persen dari bulan sebelumnya.

Walau tak menyertakan data sepanjang 2020, tapi pencapaian tersebut diklaim menjadi angka penjualan bulanan terbaik pada periode fiskal tahun lalu (April-Desember 2020) dan PSBB.

Baca juga: Pajero Sport Terbaru Sudah Meluncur di Thailand, Indonesia Kapan?

President Director PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, pada 2020 pasar otomotif turun signifikan, dan mulai meningkat di kuartal akhir, termasuk bagi penjualan Mitsubishi.

Sementara untuk prediksi 2021, Nakamura optimis bila pasar akan lebih baik dan tumbuh dibanding 2020 meski belum sepenuhnya pulih.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Rockford Fosgate EditionMitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 Rockford Fosgate Edition

"Dalam kondisi yang belum stabil, kami tetap optimis dan berkomitmen memberikan layanan terbaik dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan kepada konsumen secara berkelanjutan, serta melakukan pemulihan performa penjualan," ujar Nakamura dalam keterangan resminya, Rabu (20/1/2021).

Pada segmen kendaraan penumpang, MMKSI berhasil mencatat penjualan 4.127 unit. Sementara di kelas niaga ringan, sebanyak 2.642 unit.

Baca juga: [VIDEO] Aksesori Anyar untuk Mitsubishi Xpander Cross

Xpander menjadi model yang paling berkontribusi pada keseluruhan penjualan MMKSI dengan pencapaian 43,9 persen. Setelah itu diikuti L300 30,4 persen, dan Pajero Sport yang menyumbang 16,5 persen.

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 jutaAPHIT McKlein Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition. Hadir dengan head unit Rockford Fosgate dengan subwoofer dan amplifier. Ditawarkan satu transmisi otomatik dengan dua pilihan warna putih dan abu abu metalik. Dibadnerol Rp 304,7 juta

Berikut pencapaian pangsa pasar model kendaraan Mitsubishi pada periode Desember 2020 :

- L300 mencatat pangsa pasar sebesar 66 persen di segmen Small Pick-Up 4x2
- Mitsubishi Triton mencatat pangsa pasar 53,5 persen di segmen Pick-Up 4x4
- Mitsubishi Pajero Sport mencatat 33,5 persen pangsa pasar di segmen Medium SUV
- Mitsubishi Xpander (termasuk Xpander Cross) mencatat 24 persen pangsa pasar di
segmen Small-MPV

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com