Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksesori yang Paling Lazim Ada pada Bodi Bus Zaman Now

Kompas.com - 19/01/2021, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tampilan bus yang ada di Indonesia saat ini memang beragam. Setiap karoseri juga memiliki model andalannya dengan tampilan yang menarik. Namun, ada bagian bodi yang lazim menggunakan aksesori ini, yaitu bagian selendang.

Selendang ini terletak di bagian samping bus. Biasanya ada di sebelah pintu depan dan memanjang sampai ke bagian belakang. Desain selendang ini juga yang biasanya menjadi ciri khas dari karoseri mana bus ini dibuat.

Design Development karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, selendang memiliki peranan penting pada desain dari sebuah bus di Indonesia. Berbeda dari bus di Eropa dan negara maju, model selendang tidak begitu penting.

Baca juga: Mobil Dinas Jokowi Terabas Banjir di Kalimantan Selatan

Bus AKAP PO Gunung HartaGunung Harta Bus AKAP PO Gunung Harta

“Saya perhatikan, di negara maju yang penting adalah desain bus yang utuh. Bentuk dasar yang memang sudah dirancang indah secara sederhana,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Sedangkan kalau di negara berkembang, Indonesia misalnya, cenderung aksesori yang diperhatikan. Aksesori ini misalnya selendang, desainnya sangat diperhatikan karena untuk mengejar eksistensi atau sebagai pembeda dengan karoseri lain.

“Selendang ini dianggap sebagai elemen make up yang efektif dan dapat dengan cepat diwujudkan sebagai pembeda dengan yang lain,” kata Deddy.

Baca juga: Kenaikan Tarif Tol, Pengusaha Truk Minta Mobil Pribadi Jadi Golongan V

Deddy mengatakan, hal ini memang terbukti, dengan mengolah selendang dengan sedemikian rupa, mampu mengubah karakter bus dengan optimum. Contohnya seperti model selendang di bodi Skylander buatan karoseri New Armada.

“Selendang samping idenya diambil dari ujung logo jangkar yang ditransformasikan menjadi selendang di bodi Skylander,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com