Mulai Musim Hujan, Begini Cara Keringkan Helm yang Benar

Kompas.com - 19/01/2021, 11:12 WIB
Cuci visor helm medcom.idCuci visor helm

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak jarang bagian interior atau busa bagian dalam helm ikut basah ketika pengemudi motor berkendara di cuaca hujan. Hal ini membuat tingkat kenyamanan menggunakan helm berkurang.

Pada keadaan seperti ini, penting untuk pemilik segera mengeringkan helm. Jangan membiarkannya kering dengan sendirinya karena bisa membuat pelengkap berkendara tersebut cepat habis masa pakainya.

Baca juga: Mobil Dinas Jokowi Terabas Banjir di Kalimantan Selatan

Ahmad M, salah satu pegiat Komunitas Belajar Helm mengatakan, mengeringkan helm yang basah karena air hujan, tidak perlu jemur di bawah panas matahari.

“Mengeringkan helm cukup pakai kipas angin saja. Dalam waktu tiga jam juga kering kalau pakai kipas angin terus menerus. Kalau di jemur efeknya membuat Expanded Polystyrene/Styrofoam (EPS) cepat getas,” ucap Ahmad saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Busa helm juga bisa kadaluarsa.Kompas.com/Setyo Adi Busa helm juga bisa kadaluarsa.

EPS merupakan bagian busa peredam yang menempel di batok helm. Jika getas, kemampuan meredam hantaman bisa berkurang, sehingga keamana dari helm tidak maksimal. Namun jika ingin cepat kering, cukup bagian busanya saja yang dijemur.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bagian busa yang bisa dicopot di helm, boleh dilepas agar lebih cepat kering. Tetapi untuk batok helmnya, cukup diangin-angin saja,” ujar Ahmad.

Baca juga: Alasan Kymco X-Town 250i Lebih Murah dari Downtown 250

Bagian busa helm yang basah tetapi tidak dikeringkan, bisa menimbulkan jamur dan muncul bakteri yang bisa membuat bau. Ahmad menambahkan, bau apak bisa timbul pada helm karena keringat yang bercampur dengan debu.

“Menghilangkan bau apak, bisa dengan mencuci busa helm. Cuci seperti biasa, bisa gunakan detergen untuk menghilangkan nodanya,” kata Ahmad.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X