Mobil Dinas Jokowi Terabas Banjir di Kalimantan Selatan

Kompas.com - 18/01/2021, 19:42 WIB
Presiden Joko Widodo yang berada di dalam mobil kepresidenan melintasi banjir di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka melihat langsung dampak banjir dan meninjau posko pengungsian korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S Presiden Joko Widodo yang berada di dalam mobil kepresidenan melintasi banjir di Desa Pekauman Ulu, Kabupaten banjar, Kalimantan Selatan, Senin (18/1/2021). Kunjungan kerja tersebut dalam rangka melihat langsung dampak banjir dan meninjau posko pengungsian korban banjir di Provinsi Kalimantan Selatan. ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan secara langsung ke sejumlah lokasi yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan keterangan Biro Pers dan Informasi Sekretariat Presiden, dirinya beserta rombongan lepas landas menuju Kota Banjarbaru, Kalsel menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, Senin (18/1/2021).

Sesampainya, Jokowi menggunakan Toyota Land Cruiser 200 sebagai mobil dinas untuk melintasi jalur darat sebagaimana tangkapan layar yang diperoleh tim Kompas.com.

Baca juga: Ekspor Mobil ke Filipina Dihambat Bea Masuk, Ini Respon Honda

Wajah baru Toyota Land Cruiser 200 2016.Toyota Wajah baru Toyota Land Cruiser 200 2016.

Kemudian, rombongan mengikutinya dengan menggunakan sport utility vehicle (SUV) Toyota Land Cruiser Prado.

Tentu, pemilihan kendaraan tersebut seiring dengan medan jalan dan kondisi di wilayah terkait.

"Benar. Land Cruiser 200 yang digunakan ialah bermesin diesel 4.461 cc karena dari TAM line-upnya itu. Sementara kalau Prado, kami sudah tidak impor belakangan ini," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy kepada Kompas.com, Senin, (18/1/2021).

Melihat beberapa aktivitas Jokowi di beberapa waktu lalu, kendaraan serupa memang kerap digunakannya.

Satu di antaranya ketika meninjau rencana Ibu Kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim pada 2019.

Baca juga: Tren Jual Beli Mobil Bekas di Masa Pandemi

Interior Toyota New Land Cruiser 200.Toyota Interior Toyota New Land Cruiser 200.

Diketahui, Land Cruiser yang digunakan Jokowi sebagai tipe 200 Full Spec alias varian tertinggi dari model terkait di Indonesia. Harganya, mencapai Rp 2.444.950.000, selisih Rp 336 jutaan dari tipe terendah.

Adapun pada dapur pacu mobil Land Cruiser 200 telah dibekali mesin V8 Diesel Commonrail 4.461 cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 235 PS pada 3,200 rpm dan torsi maksimum 62,8 Ps pada 2.200 rpm.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X