Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Dovi Cabut dari Ducati, Ribut dengan Orang Ini

Kompas.com - 10/01/2021, 11:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Speedweek

JEREZ, KOMPAS.com - Andrea Dovizioso mulai terbuka setelah resmi bercerai dengan Ducati. Dovi mengatakan dia pindah karena hubungannya tidak baik dengan Gigi Dall'Igna.

Dovi menyebut hubungannya dengan Manajer Umum Ducati tersebut mulai renggang sejak 2017. Bahkan keduanya tidak pernah berhubungan lagi pada 2020.

“Nol. Tapi dalam beberapa tahun terakhir mungkin 30 persen. Tidak lebih. Sejak Jorge (Lorenzo) datang, tetapi bukan karena dia melainkan saya dan tim yang sedikit mengisolasi diri karena selalu ada perselisihan," kata Dovi mengutip Speedweek.com, Minggu (10/1/2021).

Baca juga: Kenangan Rossi Duel dengan Dovi dan Crutchlow

General Manager Ducati, Gigi DallIgna.CRASH.NET General Manager Ducati, Gigi DallIgna.

Perdebatan dengan Dall'Igna terjadi soal pengembangan motor. Karena sering berselisih itu kemudian Dovi mengaku timnya jadi diacuhkan oleh Ducati.

"Kami berhenti bicara untuk mengembangkan motor, hanya berkomentar tentang apa yang terjadi," katanya.

"Di satu sisi, hal itu membuat Anda merasa lebih baik, Anda tidak terlalu bersemangat. Tetapi dalam tim pabrikan Anda harus bekerja untuk kinerja dan pengembangan," katanya.

Racing suit Andrea DoviziosoFoto: MotoGP on BT Sports/Twitter Racing suit Andrea Dovizioso

Padahal kata Dovi dia sudah memberikan segalanya, dan hasilnya mungkin bakal beda jika Dall'Igna mau lebih mendengarkan masukan dari pebalap.

Baca juga: Bos Ducati Bela Dovi Soal Penampilannya di Musim 2020

Buktinya pada MotoGP musim 2017, 2018 dan 2019 Dovi tampil perkasa. Dia berhasil menjadi runner up di belakang Marc Marquez.

"Tidak ada lagi pertemuan untuk mengembangkan motor. Bahkan jika Ducati memiliki potensi untuk mengembangkan kompetensi dan kemampuan yang berada pada level sangat tinggi," katanya.

Pebalap Ducati Andrea Dovizioso, pebalap Pramac Racing Jack Miller, dan pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir dalam MotoGP Austria Grand Prix di Sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 16 Agustus 2020.AFP/JOE KLAMAR Pebalap Ducati Andrea Dovizioso, pebalap Pramac Racing Jack Miller, dan pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir dalam MotoGP Austria Grand Prix di Sirkuit Red Bull Ring di Spielberg, Austria pada 16 Agustus 2020.

Sikap DallIgna dan Ducati itu yang membuat Dovi jengkel. Alhasil makin tahun pengembangan motor tergantung insinyur dan mengenyampingkan masukan dari pebalap.

"Itulah satu-satunya hal yang membuat saya merasa setelah delapan tahun ini, setelah tahun-tahun yang spektakuler itu saya jadi marah, padahal kami dapat mencapai lebih banyak dengan pendekatan yang berbeda," katanya.

"Sejak 2017 saya tidak pernah duduk diam bersama Gigi untuk mengobrol. Saya tidak memberikan umpan balik, dia menanganinya dengan cara terbaik. Persis seperti di Formula 1," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Speedweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com