Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Melambat, Rossi Hanya Jadi Figuran di MotoGP

Kompas.com - 10/01/2021, 10:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gelaran MotoGP 2020 menjadi musim yang paling buruk bagi pebalap kawakan Valentino Rossi. Dalam 14 balapan pada seri lalu, The Doctor hanya mampu meraih satu podium, yakni saat finis di posisi ketiga pada seri kedua di GP Andalusia.

Berkat penampilan buruknya, Valentino Rossi hanya mampu finis di posisi ke 15 klasemen akhir. Bahkan dirinya menjadi satu-satunya pebalap Yamaha yang tidak dapat menembus posisi 10 besar.

Baca juga: Mimpi Davide Brivio Jadikan Mir Juara Dunia Menjadi Kenyataan

Hasil tersebut membuat Bos Aprilia Gresini Fausto Gresini, menilai bahwa Valentnino Rossi sudah tidak lagi menjadi ancaman di MotoGP.

Menurutnya, pebalap asal Italia tersebut sudah tidak jago lagi di lintasan dan bukan tandingan bagi para pembalap lain yang jauh lebih muda.

“Seperti yang kita tahu, Vale adalah pebalap hebat. Dia masih bisa membuktikan itu pada umurnya yang sekarang. Terkadang saya berpikir akan sangat bagus jika Rossi memenangi balapan. Akan tetapi, rasanya sedih jika melihat dia finis ke 15 atau 13," ucap Gresini dikutip dari GPOne, Sabtu (9/1/2021).

Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Valentino Rossi saat berlaga di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Gresini merasa, era Rossi di MotoGP sebetulnya sudah berakhir. Hal ini terlihat dari hasil buruk yang ditorehkan pebalap berusia 41 tahun itu dalam beberapa musim terakhir.

“Sejatinya, saya ingin melihat Rossi memenangkan balapan lagi. Dia masih kuat. Akan tetapi, itu sulit terjadi karena kemunculan para pebalap muda berbakat dalam beberapa musim terakhir ini,” kata Gresini.

“Dia akan berumur 42 tahun pada musim depan. Semua ada masanya. Ini buruk untuk dikatakan, tetapi inilah kenyataannya,” lanjutnya.

Baca juga: Berhasil Bawa Suzuki Juara MotoGP, Davide Brivio Malah Mundur

Gresini juga memprediksi, Rossi akan kesulitan untuk bersaing di MotoGP 2021 lantaran akan membela tim satelit di musim depan.

“Terlebih, dia tidak lagi membela tim pabrikan karena sudah dimutasi ke tim satelit, yakni Petronas Yamaha SRT. Dengan kata lain, dia hanya akan jadi figuran saja,” katanya.

Untuk diketahui, pada gelaran MotoGP 2021 mendatang Valentino Rossi akan bahu membahu bersama Franco Morbidelli untuk membela tim satelit Petronas Yamaha SRT. Sementara posisinya diisi oleh Fabio Quartararo yang akan membela tim pabrikan bersama Maverick Vinales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com