Simak Jadwal Uji Emisi Gratis pada Pekan Depan

Kompas.com - 10/01/2021, 08:21 WIB
Sanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021 DINAS LINGKUNGAN HIDUP DKISanksi uji emisi mobil dan motor mulai diterapkan Januari 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor rencananya bakal dimulai pada 24 Januari 2021.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pun menggelar uji emisi gratis menyusul pemberlakuan aturan tersebut.

Berdasarkan regulasi ini, uji emisi merupakan kewajiban bagi masyarakat pemilik kendaraan bermotor, khususnya bagi kendaraan yang sudah berusia lebih dari 3 tahun di Jakarta.

Uji emisi gratis oleh DLH DKI Jakarta pertama dimulai pada Rabu, 6 Januari 2021, sampai pekan ke-3 bulan ini.

Baca juga: Bagian Belakang Bus Menjadi Branding Karoseri

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI (@dinaslhdki)

Pada pekan depan tepatnya Rabu, 13 Januari 2021, uji emisi gratis berlokasi di Depan Gedung CNI, Jakarta Barat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun pada Senin, 18 Januari 2021 akan berada di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Sementara pada Kamis, 21 Januari 2021 berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Selain uji emisi gratis, uji emisi berbayar bisa dilakukan di tempat uji emisi terdaftar, seperti bengkel uji emisi, kios uji emisi, dan kendaraan layanan uji emisi, dengan memantau aplikasi e-Uji Emisi.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Tameng Bus Hanya Dipasang Di Kaca Depan

Uji Emisi Kendaraan Gratis jelang implementasi sanksi pada 24 Januari 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Uji Emisi Kendaraan Gratis jelang implementasi sanksi pada 24 Januari 2021

Demi mengejar target kendaraan yang harus melakukan uji emisi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta akan menjaring bengkel-bengkel yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Baik itu bengkel resmi milik agen pemegang merek (APM) ataupun bengkel umum lainnya. Semua bengkel itu akan mendapat pengarahan, sertifikasi, sampai penerapan integrasi sistem yang terhubung dengan aplikasi e-Uji Emisi.

“Untuk bengkel sudah ada sekitar 238 bengkel, kami harap dalam waktu dekat bisa tambah hingga 555 bengkel untuk mobil agar ideal,” ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta Syaripudin di Jalan Pemuda, Jakarta Timur, Rabu (6/1/2021).

“Kalau motor, ditargetkan sampai 1.400 layanan, karena populasinya lebih banyak,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.