Tanggapan NIU Soal Baterai Lokal untuk Motor Listrik

Kompas.com - 09/01/2021, 15:22 WIB
Premium store motor listrik NIU di Grand Indonesia IstimewaPremium store motor listrik NIU di Grand Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia sudah menandatangani nota kesepahaman atau Momerandum of Understanding (MoU) dengan LG Energy Solution untuk pembangunan proyek baterai kendaraan listrik.

Kepala Badan Koordinasi Badan Penanaman Modal ( BKPM) Bahlil Lahadalia, mengatakan, baterai memegang peranan kunci, bisa mencapai 40 persen dari total biaya untuk membuat sebuah kendaraan listrik.

Baca juga: Motor Listrik NIU Sementara Cuma Bisa Dibeli Tunai

"Proyek pabrik baterai kendaraan listrik bersama empat BUMN, yakni PT Aneka Tambang, PT Pertamina, PT PLN, dan Inalum akan berlokasi di Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang, Jawa Tengah dengan luas 4.300 hektar," ujar Bahlil, dalam keterangan resminya.

Premium store motor listrik NIU di Grand IndonesiaIstimewa Premium store motor listrik NIU di Grand Indonesia

Nantinya, kendaraan listrik yang ada di Indonesia diharapkan bisa memakai baterai tersebut. Sehingga, harga motor listrik pun bisa semakin terjangkau.

Irvan Yuniardi, Sales and After Sales Manager PT Moove Motor Asia, selaku authorized dealer motor listrik NIU, mengatakan, untuk penggunaan baterai buatan Indonesia, pihaknya akan melihat dulu kualitasnya seperti apa.

Baca juga: Motor Listrik NIU Buka Premium Store Pertama di Mal Grand Indonesia

"Sebab, NIU itu memiliki standar Eropa. Jadi, kita tidak mau saat menggunakan produk dari Indonesia atau dari mana pun, kita ingin tetap menjaga kualitas tersebut," kata Irvan.

Belum lama ini, NIU menegaskan komitmennya untuk berjualan di Indonesia dengan membuka premium store di mal Grand Indonesia. Selain itu, ada juga flagship store di Jl. Arteri Pondok Indah.

Rencananya, NIU juga akan merambah ke Jawa Tengah, Jawa Timue, dan daerah lainnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X