Tren Modifikasi Interior 2021, Konsumen Cari Fungsi dan Kenyamanan

Kompas.com - 05/01/2021, 18:41 WIB
Penampakan interior mobil BMW X7 dipamerkan saat peluncurannya di Jakarta, Senin (15/7/2019). BMW X7 xDrive40i Pure Excellence berjenis SUV (sport utility vehicle) yang dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo itu resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp2,399 miliar (off the road). KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELPenampakan interior mobil BMW X7 dipamerkan saat peluncurannya di Jakarta, Senin (15/7/2019). BMW X7 xDrive40i Pure Excellence berjenis SUV (sport utility vehicle) yang dibekali mesin 3.0 liter enam silinder BMW TwinPower Turbo itu resmi meluncur di Indonesia dengan harga Rp2,399 miliar (off the road).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek dalam dunia otomotif, termasuk dari sisi modifikasi. Mobilitas yang tinggi selama masa new normal, menuntut kendaraan yang nyaman dipakai sehari-hari.

Modifikasi pada interior mobil pun tak terelakkan, demi menunjang kebutuhan orang-orang akan kendaraan yang lebih fungsional pada masa pandemi.

Misal sejak pertengahan 2020, tren penggunaan sekat partisi di interior mobil makin ramai. Tujuannya agar perjalanan bersama jasa pengemudi lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Honda City Hatchback Bakal Masuk Indonesia, Gantikan Jazz?

Sekat partisi mobil yang dimodifikasi BAV Luxury Auto DesignIstimewa Sekat partisi mobil yang dimodifikasi BAV Luxury Auto Design

“Awal-awal pandemi banyak driver yang dirumahkan, hal ini jadi pertimbangan dari kami interior expert. Kami buat sekat partisi yang mengutamakan fungsi,” ujar Edy dari Vertue Concept, spesialis interior mobil di Sunter, Jakarta Utara, kepada Kompas.com (5/1/2020).

Semenjak itu berbagai jenis mobil mulai memasang sekat partisi. Bukan cuma MPV besar seperti Toyota Alphard atau Hyundai H1, tapi juga Toyota Fortuner sampai Kijang Innova.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sekat partisi, tren pemasangan arm rest juga mulai merambah mobil-mobil yang belum punya fitur tersebut.

Baca juga: Sinyal Hadir di IIMS, Bocoran Harga City Hatchback Mulai Rp 260 Jutaan

pasang arm rest pada kursi mobilKompas.com/Fathan Radityasani pasang arm rest pada kursi mobil

Bahkan Suzuki Jimny yang terkenal sebagai mobil offroad, banyak yang dipasangkan arm rest tambahan pada jok depan untuk menambah kenyamanan.

“Menurut saya di 2021 trennya lebih kepada fungsi, maksudnya menambah nilai lebih pada interior. Misal dengan pasang arm rest dan curtain, agar perjalanan di dalam dan luar kota makin nyaman dan lebih privasi,” ucap Edy.

Senada dengan Vertue Concept, Win dari Axis Seat Cover di Buah Batu, Bandung, Jawa Barat, mengatakan, kenyamanan menjadi prioritas konsumen yang memodifikasi interior.

Baca juga: Ramaikan Pasar Mobil Listrik, Tesla Model 3 Facelift Meluncur

Ilustrasi jok mobil dari bahan microfiberFOTO: AXIS SEAT COVER Ilustrasi jok mobil dari bahan microfiber

“Tahun ini orang lebih peduli dengan nyaman, karena sekarang orang traveling pakai mobil sendiri,” kata Win, kepada Kompas.com (5/1/2021).

Seperti diketahui imbauan untuk mengurangi bepergian menggunakan angkutan umum, baik itu bus, kereta api, hingga pesawat, membuat orang-orang lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi.

“Dia pasti akan mendandani mobil agar senyaman mungkin. Misalnya dengan menambah busa jok agar lebih nyaman, dinaikkan kemiringannya, agar tumpuan paha jadi lebih tinggi seperti duduk di sedan-sedan Eropa,” ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X