Honda City Hatchback Bakal Masuk Indonesia, Gantikan Jazz?

Kompas.com - 04/01/2021, 15:12 WIB
Ilustrasi Honda City Hatchback HondaIlustrasi Honda City Hatchback
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Rumor kehadiran Honda City Hatchback di Indonesia tampaknya semakin terang. Mobil yang lebih dulu meluncur di Thailand dan Malaysia ini terpantau sudah masuk dalam daftar Badan Pendapatan Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Dalam daftar tersebut, terlihat Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk jenis Sedan dari merek Honda per 4 Januari 2021.

Pada nomor 9 dan 10 terdapat City Hatchback (HB) bermesin 1.5L dengan nilai jual Rp 221 juta (tipe RS CVT) dan Rp 213 juta (tipe RS MT).

Baca juga: Kijang Innova Tabrak Pagar Pembatas, Airbag Kenapa Tidak Mengembang?

Tampilan screenshot NJKB Honda City Hatchback (yang dilingkar merah).https://samsat-pkb.jakarta.go.id/ Tampilan screenshot NJKB Honda City Hatchback (yang dilingkar merah).

Dari informasi ini bisa ditebak bahwa City Hathcback yang bakal dijual di Indonesia akan mengusung mesin 1.500 cc, bukan 1.000 cc turbo.

Namun mesin 1.500 cc yang diusung City Hatchback merupakan tipe baru menggunakan teknologi DOHC dan i-VTEC yang memiliki tenaga 120,3 ps atau setara 119 tk dan torsi 145 Nm.

Sementara mesin Honda City ataupun Jazz di Indonesia memiliki spek 1.500 cc SOHC i-VTEC bertenaga 120 ps atau setara 118,3 tk dan torsi 145 Nm.

Baca juga: Rumors Sedan Mewah Toyota Bakal Berubah Wujud Jadi SUV

Honda City HatchbackHonda Honda City Hatchback

Kehadiran City Hatchback di Indonesia tentu akan mengundang berbagai spekulasi. Salah satunya soal rumor sebagai pengganti Jazz di Indonesia.

Apalagi sampai saat ini PT Honda Prospect Motor (HPM) belum melakukan ubahan apapun terhadap hatchback andalannya itu.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan studi perihal kehadiran City Hatcback di Indonesia.

Baca juga: Cek Harga Mobil Murah Januari 2021, Brio dan Calya Mulai Rp 140 Jutaan

New Honda Jazz yang baru saja mendapat penyegaran (26/7/2017).Istimewa New Honda Jazz yang baru saja mendapat penyegaran (26/7/2017).

“Apakah City Hatchback akan diluncurkan, menggantikan Jazz atau tidak, atau justru akan berdampingan dengan Jazz, semua itu masih kami studi lebih lanjut sampai saat ini,” kata Billy, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Secara dimensi, baik itu City Hatchback ataupun Jazz punya dimensi yang hampir mirip. Dimensi panjang dan lebar, City Hatchback unggul. Namun dari sisi tinggi dan sumbu roda, Jazz punya kelebihan.

Tak heran jika keduanya hadir, dikhawatirkan dapat memangsa satu sama lain. Namun kehadiran keduanya tentu memberikan pilihan yang lebih banyak buat konsumen.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X