Razia Knalpot Langsung Dirusak di Tempat, Ini Kata Produsen Knalpot

Kompas.com - 05/01/2021, 17:41 WIB
Razia knalpot racing pada pengguna motor di Bandung IstimewaRazia knalpot racing pada pengguna motor di Bandung

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini viral video razia knalpot bising yang diketahui di daerah Ciater, Subang, Jawa Barat. Dalam video yang beredar, terlihat banyak pengguna motor yang memakai knalpot racing dirusak knalpotnya.

Diketahui, setiap motor yang tidak menggunakan knalpot standar menjadi incaran dalam giat razia ini. Bahkan, terlihat juga warga sipil ikut melakukan perusakan pada knalpot tersebut.

Baca juga: Video Viral Razia Knalpot Bising, Langsung Dirusak di Tempat

Menanggapi kejadian tersebut, pihak manajemen knalpot racing R9, mengatakan produk R9 sudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Ada produk untuk harian dan juga untuk balap.

Pilihan knalpot racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019Kompas.com/Donny Pilihan knalpot racing Honda ADV 150 di IIMS Motobike Expo 2019

"Sebaiknya digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya, produk kami Misano dan Maxi itu halus sekali suaranya, apalagi ditambah dB killer," ujar salah satu manajemen R9 yang enggan disebut namanya, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihak manajemen R9 menambahkan, dari pabrikan masih menunggu aturan dan cara ukur yang baku dalam pemakaian sepeda motor. Pihaknya juga siap mengikuti regulasi yang ada.

Baca juga: Motor Pakai Knalpot Racing, Jangan Marah Kalau Ditilang

Hanky Kurniawan, Sales Marketing PT Trivera Jaya, distributor Yoshimura di Indonesia, mengatakan, sah-sah saja jika pihak kepolisian menggelar razia sesuai prosedur hukum.

Knalpot resmi Yoshimura yang dijual sudah memenuhi standar pemerintah. Jika ada yang melebihi ketentuan pun, sudah dilengkapi dengam dB killer untuk meredam suara bising yang dikeluarkan knalpot.

Knalpot racing Yoshimura tipe Hepta Force TSS untuk Kawasaki Ninja ZX-25RKMI Knalpot racing Yoshimura tipe Hepta Force TSS untuk Kawasaki Ninja ZX-25R

"Untuk itu alangkah baiknya pihak aparat yang melakukan razia dilengkapi alat tes kebisingan. Sehingga, kedua belah pihak tidak ada yang dirugikan," kata Hanky.

Hanky menambahkan, sebaiknya diverifikasi dengan baik dan jelas kesalahan dan buktinya di mana.

Aturan Knalpot

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.