Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dovizioso Tunggu Panggilan Honda untuk Gantikan Marquez

Kompas.com - 05/01/2021, 18:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Andre Dovizioso belakangan ini digadang-gadang akan menggantikan Marc Marquez di MotoGP 2021 sebagai pebalap untuk tim pabrikan Honda.

Honda pun dikabarkan tertarik menggunakan jasa Dovizioso jika pebalap utama mereka, Marc Marquez masih belum bisa balapan saat MotoGP 2021.

Pasalnya, Marquez masih dalam proses pemulihan cedera pascaoperasi ketiga yang dilakukan pada awal Desember tahun lalu.

Terkait kabar tersebut, Manajer Dovizioso Simone Battistella mengaku, sedang menantikan kabar dari Repsol Honda jika tim Honda tertarik menggunakan jasa Dovizioso untuk menggantikan The Baby Alien di lintasan balap.

Baca juga: Manajer Suzuki Enggan Membandingkan Joan Mir dengan Rossi

“Kami saat ini masih menunggu jika masih ada kesempatan untuk bisa menjadi bagian dari Honda. Saya pun sudah berbicara dengan pihak HRC (Honda Racing Corperation), namun kami lebih banyak mengucapkan selamat tahun baru saja,” ujar Battistella dikutip dari GPOne, Selasa (5/1/2021).

Meski begitu Battistella mengatakan, Dovizioso menolak penawaran tersebut jika hanya menjadi pebalap cadangan saja. Kalau direkrut selama satu musim penuh, baru Dovizioso mau.

Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) bersaing dengan rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, pada balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019).AFP/VLADIMIR SIMICEK Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) bersaing dengan rider Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, pada balapan MotoGP Austria di Red Bull Ring, Minggu (11/8/2019).

Hal ini tentu tidak bisa diwujudkan oleh pihak Honda. Sebab, Dorna Sport dan FIM sudah melarang Honda menggunakan tiga pebalap sekaligus dan Honda pun tak mau melepaskan Marquez begitu saja.

Saat ini Marquez masih berusaha untuk sembuh total dari cedera yang menimpanya sejak seri pembuka MotoGP 2020 di Jerez. Namun, hingga kini belum ada tanda-tanda kapan rider berusia 27 tahun itu akan kembali ke lintasan.

Baca juga: Bos Ducati Bongkar Penyebab Kegagalan di MotoGP 2020

“Saya tidak tahu keadaan Marquez yang sebenarnya saat ini. Kami perlu melihat informasi yang mereka miliki dan kami jelas hanya tahu sekadarnya saja,” ucap manajer Dovizioso.

Melihat hal tersebut, Battistella mengaku siap jika pihak Honda memutuskan untuk meminta Dovizioso menggantikan Marquez di MotoGP 2021. Ia bahkan memberi pengakuan sudah beberapa kali berbicara dengan pihak Honda, meski yang dibicarakan terkadang ada banyak hal.

“Cepat atau lambat masa depan Dovizioso akan segera diketahui. Intinya dia sedang tak tergesa-gesa dalam menentukan pilihan,” kata Battistella.

“Saya sudah berbicara dengan pihak HRC dan mereka harus mengatakan apa yang ingin mereka ucapkan. Jadi, belum ada kabar baru. Untuk saat ini, kami justru yang ingin tahu apa yang sedang Honda pikirkan,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com