Cerita 5 Tahun Pakai Mobil Listrik, Ngecas Gampang tapi Takut Air

Kompas.com - 05/01/2021, 16:01 WIB
Ilustrasi proses charge mobil listrik Hyundai Ioniq KOMPAS.com/RulyIlustrasi proses charge mobil listrik Hyundai Ioniq
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam beberapa waktu terakhir, tren mobil listrik tengah berkembang di seluruh dunia. Sejumlah pabrikan mulai meluncurkan produk-produk andalannya, termasuk di Indonesia.

Namun penggunaan mobil listrik ternyata sudah berlangsung lama. Khususnya bagi orang-orang yang mengkonversi mobil konvensionalnya menjadi mobil listrik.

Seperti Citroen Mehari milik Marius Pratiknjo, yang merupakan anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia ( PPMKI).

Baca juga: Ramaikan Pasar Mobil Listrik, Tesla Model 3 Facelift Meluncur

Citroen Mehari berjantung listrikKOMPAS.com/Gilang Citroen Mehari berjantung listrik

Mobil asal Prancis keluaran tahun 1968-1988 itu ia konversi menjadi mobil listrik.

Mesin 600 cc 2-silinder yang ada di balik kap mesin digusur, dan digantikan motor listrik dengan dinamo tipe DC berdaya 5 kWh.

Motor listrik tersebut dipadu dengan girboks standar sebagai penggerak. Sedangkan tenaga listriknya berasal dari batarai lithium-ion berdaya 120 Ampere.

“Pemakaian sudah jalan lima tahun, karena mobil selesai dibangun 2016. Sejauh ini maintenance free,” ujar Marius, kepada Kompas.com (5/1/2021).

Baca juga: Honda City Hatchback Bakal Masuk Indonesia, Gantikan Jazz?

Citroen Mehari berjantung motor listrikKOMPAS.com/Gilang Citroen Mehari berjantung motor listrik

“Belakangan ini masalah mulai timbul dari controller, ini ibaratnya ECU di mobil biasa. Tapi menurut saya ini bukan masalah besar, tinggal diganti satu set harganya sekitar Rp 5 jutaan, di toko-toko listrik ada,” katanya.

Menurutnya, pemakaian mobil listrik untuk sehari-hari terbilang sama saja dengan mobil biasa. Satu yang membedakan, kita harus memastikan mobil harus diisi ulang baterainya di lokasi tujuan.

Urusan pengecasan, Citroen Mehari milik Marius cukup dicas menggunakan listrik rumahan minimal 2.000 watt.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X