Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andrea Dovizioso Menolak Menggantikan Marquez di MotoGP 2021

Kompas.com - 28/12/2020, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Andre Dovizioso belakangan ini digadang-gadang akan menggantikan Marc Marquez di MotoGP 2021 sebagai pebalap untuk tim pabrikan Honda.

Kabar itu berhembus setelah Marc Marquez melakukan operasi ketiga untuk lengan kanannya pada awal Desember lalu. Proses pemulihan cedera pasca operasi ternyata tidak memakan waktu sebentar.

Alhasil, pebalap yang mendapat julukan The Baby Alien itu masih berpotensi absen pada MotoGP 2021.

Baca juga: Honda Akui Tidak Berdaya Tanpa Marc Marquez

Situasi ini kemudian membuat pihak Honda bersiap untuk merekrut pebalap yang sudah berpengalaman. Andrea Dovizioso disebut menjadi salah satu kandidat terkuatnya.

Seperti diketahui Dovizioso sendiri pernah menunggangi motor balap Honda beberapa tahun lalu. Hal inilah yang membuat dirinya tampak menjadi profil yang sempurna untuk menggantikan Marc Marquez.

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di MotegiCrash.net Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di Motegi

Namun, manajer Andrea Dovizioso Simone Battistella membantah rumors tersebut. Dia menegaskan bahwa Dovizioso menolak menggantikan Marquez di MotoGP 2021.

“Andrea sama sekali tidak berminat menggantikan Marc Marquez,” ujar Battistella dikutip dari Paddock-GP, Minggu (27/12/2020).

Menurutnya Battistella, Honda sebaiknya mengambil lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan keputusan terkait mengganti Marc Marquez dengan pebalap lain.

Baca juga: Valentino Rossi Disebut Akan Berjaya di MotoGP 2021

“Sejauh ini belum ada komunikasi. Saya pikir Honda ingin memantau kondisi Marc terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan,” ucapnya.

Sejatinya, Honda masih memiliki seorang test rider, yaitu Stefan Brald. Namun, rider asal Jerman itu tidak bisa sepenuhnya menjadi tumpuan dalam pengembangan motor Honda musim depan.

Pengembangan motor Honda sebelumnya juga sudah dilakukan oleh Cal Crutchlow dan Marc Marquez. Tetapi, Crutchlow sendiri kini sudah berpindah ke pabrikan berlambang garpu tala (Yamaha). Sementara, Pol Espargaro yang baru pindah dari tim KTM belum bisa diandalkan karena tidak pernah menunggangi motor Honda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com