Andrea Dovizioso Menolak Menggantikan Marquez di MotoGP 2021

Kompas.com - 28/12/2020, 08:42 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019. AFP/MOHD RASFANPebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kanan), tengah berbincang dengan rider Ducati, Andrea Dovizioso, pada sebuah sesi konferensi pers jelang MotoGP Malaysia 2019, 31 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama Andre Dovizioso belakangan ini digadang-gadang akan menggantikan Marc Marquez di MotoGP 2021 sebagai pebalap untuk tim pabrikan Honda.

Kabar itu berhembus setelah Marc Marquez melakukan operasi ketiga untuk lengan kanannya pada awal Desember lalu. Proses pemulihan cedera pasca operasi ternyata tidak memakan waktu sebentar.

Alhasil, pebalap yang mendapat julukan The Baby Alien itu masih berpotensi absen pada MotoGP 2021.

Baca juga: Honda Akui Tidak Berdaya Tanpa Marc Marquez

Situasi ini kemudian membuat pihak Honda bersiap untuk merekrut pebalap yang sudah berpengalaman. Andrea Dovizioso disebut menjadi salah satu kandidat terkuatnya.

Seperti diketahui Dovizioso sendiri pernah menunggangi motor balap Honda beberapa tahun lalu. Hal inilah yang membuat dirinya tampak menjadi profil yang sempurna untuk menggantikan Marc Marquez.

Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di MotegiCrash.net Andrea Dovizioso dan Marc Marquez di Motegi

Namun, manajer Andrea Dovizioso Simone Battistella membantah rumors tersebut. Dia menegaskan bahwa Dovizioso menolak menggantikan Marquez di MotoGP 2021.

“Andrea sama sekali tidak berminat menggantikan Marc Marquez,” ujar Battistella dikutip dari Paddock-GP, Minggu (27/12/2020).

Menurutnya Battistella, Honda sebaiknya mengambil lebih banyak waktu untuk mempertimbangkan keputusan terkait mengganti Marc Marquez dengan pebalap lain.

Baca juga: Valentino Rossi Disebut Akan Berjaya di MotoGP 2021

“Sejauh ini belum ada komunikasi. Saya pikir Honda ingin memantau kondisi Marc terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan,” ucapnya.

Sejatinya, Honda masih memiliki seorang test rider, yaitu Stefan Brald. Namun, rider asal Jerman itu tidak bisa sepenuhnya menjadi tumpuan dalam pengembangan motor Honda musim depan.

Pengembangan motor Honda sebelumnya juga sudah dilakukan oleh Cal Crutchlow dan Marc Marquez. Tetapi, Crutchlow sendiri kini sudah berpindah ke pabrikan berlambang garpu tala (Yamaha). Sementara, Pol Espargaro yang baru pindah dari tim KTM belum bisa diandalkan karena tidak pernah menunggangi motor Honda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X