Tips Aman Berkendara Jarak Jauh di Malam Hari

Kompas.com - 27/12/2020, 10:41 WIB
Mengemudi malam hari, harus bijaksana! indiandrivesMengemudi malam hari, harus bijaksana!
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil pribadi di malam hari memang tidak disarankan.

Hal ini karena aktivitas tersebut dilakukan berlawanan dengan siklus tubuh manusia yang seharusnya digunakan untuk beristirahat.

Meski begitu, ternyata tidak sedikit pula pengemudi yang melakukan perjalanan di malam hari entah karena alasan kondisi lalu lintas yang lebih lengang atau pun terpaksa.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, berkendara malam hari memang tidak disarankan karena berat melawan siklus tubuh manusia.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Saat Liburan Akhir Tahun Bisa Secara Online

“Biasanya kan malam hari adalah waktu untuk relaks, tetapi kalau terpaksa dilakukan, perhatikan hal-hal berikut ini,” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (27/12/2020).

Pemudik rehat sejenak di ruang istirahat di Rest Area SPBU KM 57, Karawang, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Sebanyak 39 ruang istirahat beserta kasur dan bantal disewakan untuk tempat beristirahat pemudik dengan harga Rp10 ribu ruang non-AC dan Rp15 ribu ruang AC per satu jam per ruangannya.ANTARA FOTO/MUHAMMAD IBNU CHAZAR Pemudik rehat sejenak di ruang istirahat di Rest Area SPBU KM 57, Karawang, Jawa Barat, Kamis (30/5/2019). Sebanyak 39 ruang istirahat beserta kasur dan bantal disewakan untuk tempat beristirahat pemudik dengan harga Rp10 ribu ruang non-AC dan Rp15 ribu ruang AC per satu jam per ruangannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Istirahat secara berkala

Sony mengatakan, saat mengemudi di malam hari disarankan untuk sering-sering beristirahat. Lama berkendara maksimal hanya 2 jam, setelah itu pengemudi sebaiknya mengambil waktu untuk beristirahat.

“Mengesampingkan hal tersebut dapat menyebabkan ngantuk, bukaan mata pengemudi hanya sedikit dan sebagian hidupnya sudah di bawah alam sadar,” katanya.

2. Jaga kecepatan kendaraan

Saat berkendara di malam hari, pengemudi sebaiknya tetap menjaga kecepatan kendaraannya. Jangan sampai berkendara dengan ugal-ugalan karena kondisi jalanan yang lengang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.