Awas Macet, Besok Diprediksi Jadi Pucak Arus Balik Libur Natal

Kompas.com - 26/12/2020, 13:41 WIB
Sejumlah kendaraan melaju di  tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume arus kendaraan keluar dari Jakarta melalui Pintu Tol Cikampek Utama sebanyak 7.044 kendaraan atau 27 persen jelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik mulai Jumat 24 April pukul 00.01 WIB. ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZARSejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek menuju Gerbang Tol Cikampek Utama di Karawang, Jawa Barat, Kamis (23/4/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat kenaikan volume arus kendaraan keluar dari Jakarta melalui Pintu Tol Cikampek Utama sebanyak 7.044 kendaraan atau 27 persen jelang pemberlakuan kebijakan larangan mudik mulai Jumat 24 April pukul 00.01 WIB.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, namun arus kendaraan yang meninggalkan Jakarta di libur Natal dan tahun baru tetap meningkat drastis.

Tak hanya itu, lantaran adanya pemangkasan libur panjang, pemerintah dan beberapa instansi terkait sudah memprediksi akan terjadi dua kali puncak arus lalu lintas, baik yang pergi meninggalkan Jakarta dan yang kembali.

Nah, setelah pada 24 Desember 2020 lalu menjadi puncak arus kendaraan keluar Jakarta, pada Minggu (27/12/2020) diprediksi bakal menjadi puncak arus balik libur Natal.

Lantaran itu, diharapkan mayarakat yang pergi berlibur menggunakan kendaraan pribadi agar bisak mengatur waktu keberangkatan saat ingin kembali ke Jakarta untuk menghindari puncak arus balik.

Baca juga: Rekayasa Lalu Lintas di Banten saat Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, sebelumnya sudah menyampaikan agar pengguna jalan yang hendak berpergian tetap mematuhi protokol kesehatan dan mengatur waktu perjalanan dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Jasa Marga (Persero) Tbk (@official.jasamarga)

"Hindari waktu-waktu favorit yang diprediksi menjadi puncak arus lalu lintas baik keluar meninggalkan Jakarta, maupun saat kembali ke Jakarta," kata Heru dalam keterangan resminya beberapa hari lalu.

Tak hanya itu, Operation and Manintenance Management Group Head Jasa Marga Pratomo Bimawan Putra, menyampaikan bila arus balik pada 27 Desember 2020 jumlahnya akan tinggi dibandingkan kondisi lalu lintas normal harian, bahkan lebih tinggi dari 2019.

Baca juga: Kemenhub Siapkan Tes Rapid Antigen Secara Acak untuk Kendaraan Pribadi dan Umum

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

"Diprediksi jumlah kendaraan kembali menuju Jabodetabek setelah libur Natal mencapai 823.000 kendaraan, nik 17,9 persen dibandingkan November atau naik 10,5 persen dari 2019," ucap Bima.

Untuk 27 Desember sendiri, diprediksi kendaraan yang akan kembali masuk ke wilayah Jabodetabek usai libur Natal mencapai 196.000 unit dari empat Gerbang Tol utama, yakni Cikupa, Ciawi, Cikampek Utama, dan Kalihurip Utama.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X