Suzuki Ingin Joan Mir Pakai Nomor 1 di MotoGP 2021

Kompas.com - 22/12/2020, 09:42 WIB
Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP) LLUIS GENEJoan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir sukses merebut gelar dunia di MotoGP 2020. Ia pun diperbolehkan memakai nomor 1 pada musim selanjutnya, karena nomor tersebut hanya diizinkan dipakai oleh juara dunia bertahan.

Meski begitu, dilihat dari daftar pembalap 2021 yang dirilis pada November lalu, Mir terlihat masih terdaftar dengan nomor #36.

Baca juga: Dengan atau Tanpa Marquez, MotoGP Tetap Menarik

Manajer Tim Suzuki Ecstar Davide Brivio menyatakan, pihaknya sangat berharap Mir mau memanfaatkan hak istimewa yang ia dapatkan untuk menggunakan nomor balap 1 di MotoGP musim depan.

Brivio mengaku, Suzuki bakal senang jika Mir mau memakai nomor 1 pada 2021, namun dirinya tidak mau memaksa dan mengatakan bahwa keputusan final akan tetap berada di tangan sang pembalap.

Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).AFP/LLUIS GENE Joan Mir mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020 setelah finish peringkat ketujuh di MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020).

“Rasanya pasti akan menyenangkan jika Mir menggunakan nomor 1. Tapi keputusan juga ada di Joan Mir, karena nomor balap juga merupakan logo, bakal ada kaitannya dengan merchandise dan hal-hal terkait bisnis. Saya ingin setahun saja pakai nomor 1, tapi itu terserah Joan," ujar Brivio dikutip dari Autosport, Senin (21/12/2020).

Mir pun menyatakan bahwa Suzuki telah memintanya untuk pakai nomor 1 di MotoGP 2021, namun tanpa paksaan.

"Keputusan saya takkan tergantung apa pun. Keputusan akan tergantung pada diri saya sendiri. Suzuki sudah bilang pada saya, bahwa mereka ingin saya pakai nomor 1," ucap Joan Mir.

Baca juga: KTM Siap Sambut Kerja Sama dengan Tim Sky VR46

Mir menyadari bahwa memakai nomor balap 1 di MotoGP adalah kesempatan yang jarang datang kepada seorang rider. Namun, ia menyatakan nomor 36 bagaikan nomor keberuntungan baginya karena ia juga menjuarai Moto3 2017 saat memakai nomor tersebut.

“Merupakan hal yang istimewa memakai 1, namun saya sangat suka nomor 36 karena saya meraih dua gelar dengannya. Nomor ini memberikan keberuntungan. Ini masalah rumit. Saat ini saya cenderung mau pakai nomor 1, namun saya akan ambil waktu untuk memikirkannya lebih tenang," kata Mir.

Untuk diketahui sejak 2000, nomor 1 seolah punya kutukan di MotoGP. Siapa pun yang memakainya, selalu gagal mempertahankan gelar. Mereka adalah Alex Criville (juara GP500 1999), Kenny Roberts Jr (GP500 2000), Nicky Hayden (MotoGP 2006), Casey Stoner (MotoGP 2007 dan 2011) dan Jorge Lorenzo (MotoGP 2010).



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X