KTM Siap Sambut Kerja Sama dengan Tim Sky VR46

Kompas.com - 21/12/2020, 08:42 WIB
Valentino Rossi Foto: DornaValentino Rossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keinginan Valentino Rossi untuk memiliki tim MotoGP di masa depan mendapat sambutan baik dari beberapa pabrikan, salah satunya adalah KTM.

Untuk diketahui, lima dari enam tim independen di MotoGP sudah memperpanjang kontrak dengan Dorna Sport. Tiga diantaranya yang sudah mengantongi kontrak eksklusif dengan pabrikan adalah LCR Honda, Pramac Ducati, dan KTP Tech 3.

Sementara itu, tim independen Avintia Ducati, disebut akan menjadi tim VR46 pada 2022. Bahkan Luca Marini yang merupakan adik tiri Valentino Rossi, sudah dipromosikan Avintia Ducati untuk musim depan. Uniknya, motor yang ditunggangi Luca Marini tetap menggunakan livery khas VR46.

Baca juga: Dorna Bantu Valentino Rossi Punya Tim di MotoGP

Meski musim depan VR46 memakai motor Ducati, VR46 belum teken kontrak dengan pabrikan mana pun pada 2020. Hal ini karena The Doctor masih mencari pilihan terbaik di antara pabrikan yang ada, yakni Yamaha, Suzuki, dan Ducati.

KTM mulai mencoba menggunakan holeshot device pada RC16. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)JEAN-FRANCOIS MONIER KTM mulai mencoba menggunakan holeshot device pada RC16. (Photo by JEAN-FRANCOIS MONIER / AFP)

Direktur Motorsport KTM Pit Beirer, secara terang-terangan mengatakan siap menerima panggilan telepon kapan pun dari Valentino Rossi untuk menjalin kerja sama dengan tim nya.

Ini terkait dengan relasi KTM dan Valentino Rossi. Sudah enam musim, tim balap VR46 yang berlaga di Moto3 mendapat pasokan mesin dari KTM. Bukan hal yang mustahil jika kerja sama itu berlanjut ke kelas MotoGP.

Namun, sejauh ini KTM belum berpikir untuk memilik tim ketiga di MotoGP. Maka dari itu, Pit Beirer mengungkap kemungkinan memasok mesin kepada tim lain selepas 2022.

Baca juga: Legenda MotoGP Ini Meragukan Joan Mir di Musim Depan

“Dengan senang hati, kami siap menerima panggilan telepon dari Valentino Rossi. Tetapi, kami lebih memilih panggilan tersebut datang setelah 2022 atau 2023,” kata Pit Beirer, dikutip dari Speedweek, Minggu (20/12/2020).

Untuk saat ini, Yamaha tetap menjadi kandidat yang terkuat. Apalagi, pabrikan berlambang garpu tala itu pernah berjanji untuk mendukung penuh apa pun langkah selanjutnya dari Valentino Rossi.

Ducati juga memiliki peluang karena saat ini Avintia perlahan-lahan berubah menjadi VR46. Sedangkan, Suzuki masih berpeluang kecil, karena niatan mereka memiliki tim satelit hingga kini masih menjadi wacana.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X