Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JIExpo Dapat Izin Gelar Pameran, IIMS 2021 Bisa Terwujud

Kompas.com - 22/12/2020, 08:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dyandra Promosindo mengabarkan persiapan pelaksanaan Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 18 – 28 Februari 2021 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, semakin mendekati kenyataan.

Rencana mewujudkan kerinduan pameran otomotif pertama setelah Indonesia ikut terimbas pandemi global Covid-19, mulai menemukan titik terang. Tentunya gelaran ini dilakukan dengan Protokol Kesehatan.

Baca juga: Pakai Ban Motor Diameter Lebih Kecil, Bisa Tingkatkan Akselerasi?

Setelah berjuang memenuhi syarat Protokol Kesehatan berstandar tinggi, akhirnya pengelola Jakarta International Expo mendapatkan Surat Keputusan (SK) sebagai venue convention dan exhibition berstandar internasional di Jakarta yang diizinkan melaksanakan pameran dengan ketentuan ketat.

Hal ini dituangkan dalam Surat Keputusan Pembukaan Kembali Usaha Pariwisata di masa PSBB Transisi Bagi Kegiatan Pameran yang dikeluarkan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, nomor 526 tahun 2020.

Indonesia International Motor Show (IIMS)Indonesia International Motor Show (IIMS) Indonesia International Motor Show (IIMS)

Untuk mendapatkan SK tersebut, tentu bukan hal yang mudah. Pemerintah memiliki kewenangan untuk menetapkan standar tinggi terhadap pengelola venue.

Dalam hal ini JIExpo Kemayoran dinyatakan memenuhi syarat dalam proses persiapan, inspeksi hingga tahap simulasi faktual dalam penerapan Prokes lengkap, berlapis dan komprehensif.

Beragam fasilitas Prokes seperti ambulans, ruang isolasi, disinfectant chamber, alat screening suhu tubuh yang telah terkalibrasi, ruang P3K, hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan, media informasi dan rambu-rambu terkait penerapan Prokes, SOP dan Satgas Covid-19.

"Surat Keputusan untuk JIExpo patut kita syukuri. Tetapi harus diiringi komitmen setiap penyelenggara event, untuk memperkuat dan mempertebal Prokes dalam hubungannya interaksi manusia," ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo melalui rilis resmi, Senin (21/12/2020).

Baca juga: Selisik Fitur Menarik Yamaha Gear 125

Hal itu meluputi konstruksi booth, pembatasan jumlah pengunjung (crowd control), dan pembatasan acara pendukung agar memastikan tidak akan terjadi kerumunan orang di luar ketentuan.

"Dyandra siap beradaptasi dengan cara baru dan membuat alternatif perspektif berbeda menikmati pameran. Bagi client kami, prioritasnya bukan lagi seberapa besar jumlah pengunjung. Tapi bagaimana awareness dan product knowledege tersampaikan pada target market masing-masing. Dan tentunya memenuhi Key Perfomance Indicator (KPI) jumlah produk terjual," lanjut KoHen, panggilan akrab Hendra Noor Saleh.

Dyandra Promosindo sebelumnya sudah melaksanakan kegiatan secara hybrid, sesuai tuntutan era New Normal. Yakni penggabungan antara kegiatan offline dan online melalui IIMS Motobike Hybrid Show.

IIMS Motobike Hybrid Show KOMPAS.com/Gilang IIMS Motobike Hybrid Show

"Dyandra sudah sukses melaksanakan IIMS Motobike Hybrid Show selama 10 hari di MotoVillage, awal Desember 2020. Ternyata sambutan industri dan konsumen sangat positif. Transaksi memuaskan, melalui event offline Prokes dan virtual berjalan beriringan. Ini semacam ajang belajar tim dan peserta pameran," kata Rudi MF, Project Manager IIMS 2021.

Di masa pandemi seperti ini, Dyandra Promosindo bersama JIExpo mengedepankan faktor kesehatan dan keselamatan para pihak yang terlibat dalam pameran.

Baca juga: Mencoba Kenyamanan Posisi Berkendara Yamaha Gear 125

Antisipasi jika terjadi kondisi di luar kendali lantaran pandemi Covid-19 juga sudah disiapkan oleh Dyandra dan JIExpo. Arahan dari regulator akan menjadi pegangan waktu penyelenggaraan IIMS 2021.

“Kami sangat siap menyambut IIMS 18-28 Februari 2021. Namun, kami telah siapkan jadwal cadangan di JIExpo untuk IIMS, 18 – 28 Maret 2021 dan 15 – 25 April 2021 demi memastikan IIMS 2021 tetap berjalan," jelas Ralph Scheunemann, Marketing Director JIExpo.

Dalam kondisi perizinan bergerak dinamis seperti sekarang, diperlukan jadwal cadangan. Agar calon peserta pameran IIMS memiliki rencana jelas manakala harus mempersiapkan konstruksi, konsep kendaraan display, salesman, program acara, SPG, mobilisasi tim hingga budgeting.

"Sinergi dan kolaborasi itu juga diwujudkan dengan sikap respek dan menjaga planning setiap client IIMS. Kita berusaha keras menghindari pengumuman postponed (penundaan) berulang-ulang," pungkas Rudi MF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com