Mobil Tak Dipakai Selama Libur Nataru, Perlukah Cabut Aki?

Kompas.com - 17/12/2020, 13:22 WIB
Ilustrasi pemasangan aki mobil KOMPAS.com / Aditya MaulanaIlustrasi pemasangan aki mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan kendaraan umum untuk berlibur ke luar kota dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru). Sehingga, mobil terpaksa berdiam di rumah selama beberapa hari.

Banyak juga pemilik mobil yang beranggapan, jika mobil tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya aki dicabut. Dengan alasan, untuk menjaga kondisi aki tetap sehat dan tidak soak.

Baca juga: Jelang Nataru, Pertamina Siapkan Pertashop di Rest Area Tol Trans Jawa

Tapi, ada juga yang beranggapan bahwa mencabut aki bisa merusak bagian mesin. Khususnya, mobil-mobil yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

Ilustrasi garasi mobil.www.starcollisioncenters.net Ilustrasi garasi mobil.

Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, mengatakan, aki mobil sebaiknya dicabut saat mobil akan ditinggal dalam waktu lama.

"Untuk menjaga agar kondisi aki tetap terjaga dan tidak soak atau rusak saat digunakan," kata Anjar, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Touring Naik Motor Saat Libur Nataru, Jangan Lupa Bawa 7 Tool Kit Ini

Menurut Anjar, jika aki tidak dilepas saat mobil ditinggal dalam waktu lama, arus aki bisa saja berkurang. Sebab, walaupun mesin mobil dalam posisi mati, beberapa komponen tetap membutuhkan arus kelistrikan.

“Kalau tidak dilepas, akinya akan ter-discharge untuk beberapa komponen. Seperti alarm, jam, hambatan kabel dan dark current. Jadi kalau dicabut maka tidak akan ada beban sama sekali,” ujar Anjar.

Ilustrasi perawatan aki pada mobilpersonal.neacelukens.com Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Anjar mengatakan, jika mobil ditinggal dalam jangka waktu kurang dari satu minggu, maka masih terbilang aman dan aki tidak perlu dilepas.

“Kalau sudah lebih dari dua minggu atau sampai tiga minggu lebih itu sebaiknya akinya dilepas,” kata Anjar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X