Jelang Nataru, Pertamina Siapkan Pertashop di Rest Area Tol Trans Jawa

Kompas.com - 16/12/2020, 18:41 WIB
Ilustrasi SPBU TRIBUNNEWS/HERUDINIlustrasi SPBU
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) di Regional Jawa Bagian Tengah akan menyiagakan stok bahan bakar minyak (BBM) dan LPG sebagai antisipasi peningkatkan konsumsi jelang Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Pasalnya, perseroan memprediksi penyaluran atau konsumsi produk terutama BBM jenis gasoline akan mengalami peningkatan sebesar 8 persen di periode tersebut.

Tetapi memang bila dibandingkan tahun lalu, konsumsi masih turun sekitar 11 persen yakni dari 14.000 kiloliter (KL) menjadi 12.600 KL. Adapun rata-rata konsumsi BBM harian selama pandemi ialah 11.750 KL.

Baca juga: Mobil Ditinggal Selama Libur Nataru, Jangan Sampai Jadi Sarang Tikus

Ilustrasi SPBU.KOMPAS.com/Nursita Sari Ilustrasi SPBU.

"Walaupun masih pandemi, Pertamina tetap mengaktifkan Satgas Natal dan Tahun Baru yang dimulai semenjak 7 Desember 2020 dan bakal berakhir pada 11 Januari 2021," kata Pjs. Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Jawa Bagian Tengah Arya Yusa Dwicandra, Selasa (15/12/2020).

Kemudian untuk menambah kenyamanan pengguna Tol Trans Jawa selama Nataru, pihaknya akan menyiapkan Pertashop di rest area yang tak memiliki fasilitas BBM. Diantaranya, rest area tipe B KM 456B, KM 294B, dan KM 275A.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertamina juga menyediakan BBM kemasan dan SPBU kantong di tujuh titik rest area di Tol Trans Jawa, yaitu di KM 379A dan KM 429A. Ini karena dianggap sebagai rest area paling banyak disinggahi pemudik.

"Untuk stok BBM kita masih aman dimana stok ketahanan 10 sampai 15 hari ke depan," katanya, Selasa (15/12).

Baca juga: 8 Cara Mudah Hemat Bahan Bakar Selama Perjalanan Liburan

Sejumlah kendaraan melintasi Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). PT Jasa Marga Tbk memprediksi selama libur panjang Natal dan Tahun Baru diperkirakan ada 479.049 kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah maupun layang, dengan tujuan Bandung 51 persen dan Trans Jawa 49 persen. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/ama.ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Sejumlah kendaraan melintasi Tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/12/2019). PT Jasa Marga Tbk memprediksi selama libur panjang Natal dan Tahun Baru diperkirakan ada 479.049 kendaraan melintas di ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah maupun layang, dengan tujuan Bandung 51 persen dan Trans Jawa 49 persen. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/ama.

Pertamina juga memprediksi akan terjadi kenaikan konsumsi BBM dan LPG di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Untuk wilayah Jawa Tengah, Pertamina memperkirakan akan terjadi kenaikan sebesar 8 persen untuk BBM jenis Gasoline yaitu dari rataan harian normal sebesar 10.200 KL menjadi 11.000 KL per hari.

Adapun untuk wilayah DI Yogyakarta, Pertamina memperkirakan akan terjadi kenaikan konsumsi sebesar 6 persen untuk BBM jenis Gasoline yaitu dari rataan harian normal sebesar 1.510 KL menjadi 1.600 KL per hari.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.