Banyak Motor Jatuh Saat Lewat Perlintasan Kereta Api di Lamongan

Kompas.com - 16/12/2020, 14:01 WIB
Motor jatuh saat lewati perlintasan kereta api Foto: Tagkapan layar Instagram Dashcam IndonesiaMotor jatuh saat lewati perlintasan kereta api
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan pengendara motor harus ekstra waspada. Salah satunya ialah saat melewati lintasan kereta api. Rel licin membuat pengendara mudah terpeleset.

Seperti video yang diunggah di akun Instagram Dashcaam Indonesia. Dalam keterangannya banyak pengendara motor jatuh terpeleset di perlintasan kereta api di terminal Lamongan, Jawa Timur karena licin.

Baca juga: 8 Cara Mudah Hemat Bahan Bakar Selama Perjalanan Liburan

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, baik musim hujan ataupun kemarau, perlintasan kereta merupakan area yang cukup berbahaya untuk pemotor.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat melintasi rel kereta. Pertama posisikan motor itu untuk memotong jalur rel, artinya melintasi dengan bentuk X, jangan diiris, karena rel itu licin takutnya ban tidak gigit," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kenapa posisi motor harus memotong, sebab jika posisi motor miring sejajar dengan rel maka selain licin ban bisa saja terjebak di parit atau jalur kecil antara rel dan jalan.

Baca juga: Ketahui Tiga Gaya Menikung yang Benar, Bukan Asal Miring

"Kalau lewat rel sudah tentu kita turunkan kecepatan sesuai kondisi. Posisikan motor untuk memotong rel jangan diiris karena licin, apalagi kalau kondisi ban sudah aus atau kurang tekanan udara," kata Jusri.

Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan, menambahkan, slip terjadi saat melewati rel kereta karena hilangnya traksi antara ban dengan aspal.

Diryan (55) alias Kopral, penjaga perlintasan sebidang rel kereta api Proyek, Bekasi Timur yang kondang dengan gerakan silatnya.Vitorio Mantalean Diryan (55) alias Kopral, penjaga perlintasan sebidang rel kereta api Proyek, Bekasi Timur yang kondang dengan gerakan silatnya.

"Bisa jadi karena kombinasi bannya sudah tipis, jalan licin atau basah dan putaran roda yang terlalu tinggi," kata Marcell kepada Kompas.com, Rabu (16/12/2020).

Untuk itu katanya, saat melewati rel kereta terutama saat jalan basah ialah menjaga traksi. Caranya kurangi putaran mesin dengan mengurangi gas kemudian atur kecepatan sehingga traksi terjaga.

"Menjaga kembangan ban tetap baik, serta saat ada indikasi kehilangan traksi. Bila memang tidak bisa juga, turun dari motor dan dorong motornya," kata Marcell.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.