Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesiapan Tol Astra Infra Sambut Libur Panjang Nataru

Kompas.com - 14/12/2020, 17:41 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang momen libur Natal dan tahun baru (Nataru), Astra Infra, kelompok usaha Astra di infrastruktur jalan tol sepanjang 357,6 km, menujukan komitmen dalam memberikan layanan bagi pengguna jalan tol di tengah Pandemi Covid-19 dengan mengelar kampanye Nataru Aman & Asik.

"Astra Indra tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan terus meningkatkan kontribusinya untuk kemajuan infrastruktur di Indonesia. Mulai pengembangan binis, pengoperasian, dan pegelolaan jalan tol hingga rest area," ujar Group CEO Djap Tet Fa, dalam keterangan resminya, Senin (14/12/2020).

Mejelang momen akhir tahun dimana aktiviras liburan akan dimulai, Astra Infra telah melakukan persiapan menyeluruh untuk melayani pengguna jalan tol agar dapat menikmati libur Nataru yang Aman dan Asik.

Sementara terkait pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung, CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono mengingatkan pengguna jalan untuk tetap bijak merencanakan liburan.

Baca juga: Catat, Ini Prediksi 2 Fase Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

"Tahun ini Astra Infra mengkampanyekan Nataru Aman & Asik, suatu pengalaman perjalanan di jalan tol Astra Infra di momen Natal dan Tahun Baru yang aman dan sesuai protokol kesehatan," ucap Krist.

Nataru Aman yang merupakan slogan dari Ayo Mengikuti Aturan, bermaksud mengajak pengguna jalan tol yang diwujudkan dalam Kampanye Bulan Keselamatan Berkendara 2020.

Implementasi kampanye ini berupa tindakan preventif guna menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat faktor manusia dan juga menekan praktik Over Dimension Over Load (ODOL) yang berpotensi menimbulkan kecelakaan serta mempengaruhi kualitas jalan tol.

Optimalisasi layanan operasional juga sudah ditingkatakan oleh Astra Infra dengan memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik dan bebas dari perambuan maupun pekerjaan peningkatan jalan. Sebanyak 197 unit warning light dan 400 CCTV di jalan tol Astra Infra diklaim terdata dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: Persiapan Tol Cipali Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Sementara untuk layanan kesiapsiagaan dan tanggap darurat, telah disiapkan 27 armada patroli jalan raya, 43 armada derek, 27 PJR, sembilan unit rescue, dan 18 ambulans. Manajemen lalu lintas juga dilakukan dengan mengandeng kepolisian setempat.

Tol Semarang-SoloKementerian PUPR Tol Semarang-Solo

Untuk Nataru Asik atau Ayo Selalu Ikuti Protokol Kesehatan, Astra Infra akan melayani pengguna jalan tol dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang ketat di tujuh ruas jalan Tol Astra Infra. Mulai dari Tangerang-Merak. Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, Kunciran-Serpong, dan JORR 1 W2N.

Untuk mencegah penyebaran melalui kontak fisik, akan ada penambahan Gardu Tol Otomatis (GTO) dan mobile reader. Petugas tol selalu dilengkapi APD, serta fasilitas mitigasi layaknya ruang observasi sementara, posko kesehatan, dan tempat cuci tangan di peristirahatan akan tetap tersedia.

Meski secara umum kondisi jalan tol dan infrastruktur diklaim baik, namun agar tercipta Nataru yang Aman dan Asik, masyarakat diimbau memperhatikan kesiapan diri dan kesiapan kendaraan yang akan digunakan. Tak lupa kecukupan saldo uang elektronik sebelum berkendara serta mengikuti arahan dan petunjuk petugas juga harus diperhatikan.

Baca juga: Resmi, Kemenhub Batasi Operasional Truk pada Liburan Akhir Tahun

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).

"Kami mengimbau masyarakat agar dapat mematuhi arahan pemerintah untuk physical distancing, menggunakan masker, selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, serta menghindari kepadatan di perjalanan dengan bijak memilih waktu berpergian," ucap Krist.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com