Kesiapan Tol Astra Infra Sambut Libur Panjang Nataru

Kompas.com - 14/12/2020, 17:41 WIB
Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati gerbang tol palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGKendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati gerbang tol palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jelang momen libur Natal dan tahun baru (Nataru), Astra Infra, kelompok usaha Astra di infrastruktur jalan tol sepanjang 357,6 km, menujukan komitmen dalam memberikan layanan bagi pengguna jalan tol di tengah Pandemi Covid-19 dengan mengelar kampanye Nataru Aman & Asik.

"Astra Indra tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan terus meningkatkan kontribusinya untuk kemajuan infrastruktur di Indonesia. Mulai pengembangan binis, pengoperasian, dan pegelolaan jalan tol hingga rest area," ujar Group CEO Djap Tet Fa, dalam keterangan resminya, Senin (14/12/2020).

Mejelang momen akhir tahun dimana aktiviras liburan akan dimulai, Astra Infra telah melakukan persiapan menyeluruh untuk melayani pengguna jalan tol agar dapat menikmati libur Nataru yang Aman dan Asik.

Sementara terkait pandemi Covid-19 yang hingga saat ini masih berlangsung, CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono mengingatkan pengguna jalan untuk tetap bijak merencanakan liburan.

Baca juga: Catat, Ini Prediksi 2 Fase Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru

 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

"Tahun ini Astra Infra mengkampanyekan Nataru Aman & Asik, suatu pengalaman perjalanan di jalan tol Astra Infra di momen Natal dan Tahun Baru yang aman dan sesuai protokol kesehatan," ucap Krist.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nataru Aman yang merupakan slogan dari Ayo Mengikuti Aturan, bermaksud mengajak pengguna jalan tol yang diwujudkan dalam Kampanye Bulan Keselamatan Berkendara 2020.

Implementasi kampanye ini berupa tindakan preventif guna menekan angka kecelakaan lalu lintas akibat faktor manusia dan juga menekan praktik Over Dimension Over Load (ODOL) yang berpotensi menimbulkan kecelakaan serta mempengaruhi kualitas jalan tol.

Optimalisasi layanan operasional juga sudah ditingkatakan oleh Astra Infra dengan memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik dan bebas dari perambuan maupun pekerjaan peningkatan jalan. Sebanyak 197 unit warning light dan 400 CCTV di jalan tol Astra Infra diklaim terdata dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: Persiapan Tol Cipali Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Sementara untuk layanan kesiapsiagaan dan tanggap darurat, telah disiapkan 27 armada patroli jalan raya, 43 armada derek, 27 PJR, sembilan unit rescue, dan 18 ambulans. Manajemen lalu lintas juga dilakukan dengan mengandeng kepolisian setempat.

Tol Semarang-SoloKementerian PUPR Tol Semarang-Solo

Untuk Nataru Asik atau Ayo Selalu Ikuti Protokol Kesehatan, Astra Infra akan melayani pengguna jalan tol dengan penerapan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19 yang ketat di tujuh ruas jalan Tol Astra Infra. Mulai dari Tangerang-Merak. Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, Kunciran-Serpong, dan JORR 1 W2N.

Untuk mencegah penyebaran melalui kontak fisik, akan ada penambahan Gardu Tol Otomatis (GTO) dan mobile reader. Petugas tol selalu dilengkapi APD, serta fasilitas mitigasi layaknya ruang observasi sementara, posko kesehatan, dan tempat cuci tangan di peristirahatan akan tetap tersedia.

Meski secara umum kondisi jalan tol dan infrastruktur diklaim baik, namun agar tercipta Nataru yang Aman dan Asik, masyarakat diimbau memperhatikan kesiapan diri dan kesiapan kendaraan yang akan digunakan. Tak lupa kecukupan saldo uang elektronik sebelum berkendara serta mengikuti arahan dan petunjuk petugas juga harus diperhatikan.

Baca juga: Resmi, Kemenhub Batasi Operasional Truk pada Liburan Akhir Tahun

Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati jalan tol cikopo palimanan di Jawa Barat, Minggu (2/6/2019). Sistem satu arah atau one way mulai diterapkan di jalan tol Jakarta-Cikampek hingga tol Batang-Semarang di Jawa Tengah pada H-6 Lebaran 2019, Kamis (30/5).

"Kami mengimbau masyarakat agar dapat mematuhi arahan pemerintah untuk physical distancing, menggunakan masker, selalu menjaga kesehatan dan kebersihan, serta menghindari kepadatan di perjalanan dengan bijak memilih waktu berpergian," ucap Krist.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.