Persiapan Tol Cipali Sambut Libur Natal dan Tahun Baru 2021

Kompas.com - 01/12/2020, 08:02 WIB
 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra Toll Road Cikopo-Palimanan sebagai operator Tol Cipali memprediksi volume lalu lintas di gerbang tol Palimanan pada periode Nataru 2020 akan meningkat 12,6 persen dibandingkan tahun lalu.

Guna mengantisipasi lonjakkan tersebut, Astra Tol Cipali sebagai pengelola, menyatakan akan memaksimalkan pengoperasian di Gerbang Tol Palimanan dengan membuka 30 gardu tol otomatis (GTO) dan 15 mobile reader.

Operator disebut bakal menambah 4 unit gardu satelit dengan 14 gardu utama, 7 gardu Tol Otomatis (GTO), 3 gardu satelit arah Palimanan dan 5 arah Cikopo.

Baca juga: Bahan Bakar dari Sampah Plastik Belum Lulus Uji

Polisi menggunakan alat speed gun untuk mengukur kecepatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dalam penutupan Operasi Zebra Lodaya 2017, Selasa (14/11/2017).KOMPAS.com/Farida Farhan Polisi menggunakan alat speed gun untuk mengukur kecepatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek dalam penutupan Operasi Zebra Lodaya 2017, Selasa (14/11/2017).

Tak sampai di sana, pada fasilitas informasi juga dilakukan penambahan 2 unit Variable Message Sign (VMS) yang berada di lajur Cikopo dan lajur Palimanan sehingga nantinya bakal ada 9 unit VMS sepanjang Tol Cipali.

"Kami juga akan terus berkerja sama secara rutin dengan Kementerian Perhubungan dan Polda Jawa Barat untuk melakukan operasi penindakan over dimension dan overload (ODOL) pada kendaraan niaga golongan 2-5," ujar Agung Prasetyo, Direktur Operasi Astra Tol Cipali.

Pada kesempatan sama, mereka juga melakukan operasi speed gun setiap 2 bulan sekali supaya pengendara yang melintas mematuhi batas kecepatan minimal 60 kpj dan maksimal 100 kpj di ruas Tol Cipali.

Baca juga: Jelang Akhir Tahun, Harga Mobil Bekas Mulai Naik

Empat orang tewas dalam kecelakaan beruntun di Tol Cipali (Cikopo Palimanan) Km 150.700 Jalur A yang berada di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (23/8/2020) sekitar pukul 14.15 WIB.Dok Humas Polda Jabar Empat orang tewas dalam kecelakaan beruntun di Tol Cipali (Cikopo Palimanan) Km 150.700 Jalur A yang berada di wilayah Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Minggu (23/8/2020) sekitar pukul 14.15 WIB.

"Dalam memberikan pelayanan kepada pengguna jalan, di tahun 2020 ini Astra Tol Cipali meningkatkan beberapa fasilitas seperti layanan transaksi dan informasi, serta pembatas jalan (wire rope)," jelas Agung.

Kini, lanjut dia, sudah terpasang sepanjang 44 KM sampai akhir Desember akan terpasang 79 Km dan dipastikan sebelum Lebaran tahun 2021 wire rope akan terpasang di Ruas Tol Cipali sepanjang 106 KM.

“Sampai dengan pertengahan November 2020 angka kecelakaan di Tol Cipali mengalami penurunan sebesar 7 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019, sedangkan angka fatalitas menurun sebanyak 75 persen,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X