Ini 5 Kesalahan Umum Wanita Saat Naik Motor

Kompas.com - 14/12/2020, 17:01 WIB
Orang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan. dok.KompasianaOrang yang dibonceng duduk menghadap ke samping dan ke depan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor bukan hanya soal gas dan rem saja. Tapi, penting juga untuk memahami dan mematuhi peraturan rambu-rambu lalu lintas yang berlaku.

Saat mengendarai sepeda motor, setiap orang dituntut untuk tetap fokus dan berkonsentrasi. Terkait konsentrasi saat berkendara juga sudah dijelaskan dalam Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( UU LLAJ).

Baca juga: Tips Wanita Agar Nyaman saat Boncengan Motor

Setiap pelanggar tentunya akan dikenakan sanksi sesuai dengan jenis pelanggarannya. Namun demikian, tetap saja banyak orang yang tidak memahami aturan tersebut dan mengabaikan keselamatan saat berkendara di jalan raya.

Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendaraAMY Ilustrasi pelatihan safety riding / keselamatan berkendara

Tak jarang juga hal tersebut dilakukan oleh pengendara motor wanita. Menurut pakar keselamatan, ada 5 kesalahan umum yang sering dilakukan wanita saat berkendara sepeda motor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Cara Bermanuver

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, saat mengendarai sepeda motor seorang wanita cenderung labil. Kurangnya pengalaman kerap membuat perempuan melakukan manuver yang sembarangan.

Wanita itu sering melakukan manuver yang tidak aman dan tidak peka terhadap lingkungan. Misalnya berhenti di tengah jalan saat akan berbelok, berbelok secara tiba-tiba,” kata Sony kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Pahami Posisi Benar Berkendara Motor untuk Wanita

2. Lupa Mematikan Lampu Sein

Saat berbelok, tiap pengendara wajib hukumnya untuk menyalakan lampu sein saat berbelok atau berpindah jalur. Setelah selesai melakukannya, sebaiknya lampu sein juga segera dimatikan.

Dengan begitu, pengendara lain yang ada di depan maupun di belakangnya tidak akan bingung. Sudah menjadi rahasia umum jika pengendara wanita terkenal dengan sein kiri belok ke kanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.