Beli Mobil Bekas Secara Kredit, Berapa Lama Unit Sampai ke Rumah?

Kompas.com - 14/12/2020, 07:12 WIB
Membeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan. SHUTTERSTOCKMembeli mobil tak harus baru, Anda juga bisa memilih jenis mobil bekas berkualitas dan dengan metode pembayaran cicilan.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas untuk kebutuhan liburan atau mudik di akhir tahun tidak harus selalu dibayar secara tunai atau cash.

Pembeli bisa saja mengajukan permohonan untuk pembelian secara kredit jika memang dana yang tersedia tidak cukup untuk membeli secara tunai.

Dengan membeli secara kredit pembeli sudah bisa memakai mobilnya untuk berlibur atau pulang ke kampung halaman, meskipun status mobil belum lunas.

Hanya saja, ketika membeli dengan dicicil konsumen juga harus memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit.

Baca juga: Blokir STNK yang Mati 2 Tahun Segera Diberlakukan

Persyaratan yang diperlukan tersebut untuk memastikan apakan calon pembeli tersebut bisa dipercaya untuk membayar secara diangsur atau tidak.

Ilustrasi konsumen tengah memilih mobil bekas di shoroom Mobil88Mobil88 Ilustrasi konsumen tengah memilih mobil bekas di shoroom Mobil88

Proses inilah yang kadang membuat mobil bekas yang dibeli secara kredit butuh waktu yang lebih lama untuk sampai ke tangan konsumen.

Salah seorang pedagang mobil Tri Sekam mengatakan, proses pembelian mobil bekas secara kredit tergantung kelengkapan persyaratan dari konsumen.

Jika semuanya lengkap dan prosesnya lancar maka pengajuan kredit pembelian mobil setengah pakai hanya butuh waktu lebih kurang dua hari saja.

Baca juga: Mengapa STNK Kendaraan yang Sudah Dijual Perlu Diblokir?

“Begitu ada uang muka dan berkas komplit, ACC (disetujui) langsung mobil bisa dibawa, paling dua hari selesai,” kata Tri kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Menurut dia, yang bikin lama itu, rata-rata disebabkan karena berkasnya biasanya banyak yang kurang, sehingga harus dilengkapi terlebih dahulu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X