Kompas.com - 13/12/2020, 16:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini banyak sepeda motor terutama skutik yang dibekali soket charger untuk pengisian gawai. Bentuknya bisa berbagai macam, salah satu yang populer ialah tipe USB.

Lantas amankah soket-soket tersebut jika terkena air. Bagaimana saat motor mau dicuci. Apakah dapat menyebabkan sistem kelistrikan di motor korslet?

Baca juga: Tekanan Udara Ban Perlu Dikurangi Saat Musim Hujan, Mitos atau Fakta?

Honda Genio KOMPAS.com/Gilang Honda Genio

Asep Suherman, Kepala Bengkel Daya Motor Cibinong, mengatakan, banyak yang khawatir motor akan korslet. Tapi kenyataannya ialah soket charger pada motor modern sebetulnya cukup tahan air.

Baca juga: Cara Merawat Bagasi Jok Motor yang Ada Soket Charger

"Bagian tersebut sebenarnya aman jika terkena air atau bahkan dicuci. Namun, dengan catatan, kondisi motor tidak sedang dihidupkan," ujar Asep saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Meski demikian, kata Herman, saat mencuci, soket tidak perlu disemprot air. Selain itu tidak masalah mencuci motor dengan alat penyemprot air bertekanan tinggi asal posisi soketnya tertutup.

Motor Listrik United T1800Foto: APHIT McKlein Motor Listrik United T1800

Baca juga: Pasang Soket Charger Tambahan di Motor Dianggap Berbahaya, Mitos atau Fakta?

"Posisi soket charger sebenarnya juga sudah dibuat seaman mungkin oleh pabrikan. Sehingga tidak perlu khawatir atau bingung saat membersihkan atau mencuci bagian bagasi motor," katanya.

Herman menyarankan, jika soket terkena air atau terendam banjir sebaiknya langsung dibersihkan. Tapi dengan catatan, dikeringkan dengan lap kering sebelum kontak motor dihidupkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.