Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beli Mobil Bekas Secara Kredit, Berapa Lama Unit Sampai ke Rumah?

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas untuk kebutuhan liburan atau mudik di akhir tahun tidak harus selalu dibayar secara tunai atau cash.

Pembeli bisa saja mengajukan permohonan untuk pembelian secara kredit jika memang dana yang tersedia tidak cukup untuk membeli secara tunai.

Dengan membeli secara kredit pembeli sudah bisa memakai mobilnya untuk berlibur atau pulang ke kampung halaman, meskipun status mobil belum lunas.

Hanya saja, ketika membeli dengan dicicil konsumen juga harus memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk pengajuan kredit.

Persyaratan yang diperlukan tersebut untuk memastikan apakan calon pembeli tersebut bisa dipercaya untuk membayar secara diangsur atau tidak.

Proses inilah yang kadang membuat mobil bekas yang dibeli secara kredit butuh waktu yang lebih lama untuk sampai ke tangan konsumen.

Salah seorang pedagang mobil Tri Sekam mengatakan, proses pembelian mobil bekas secara kredit tergantung kelengkapan persyaratan dari konsumen.

Jika semuanya lengkap dan prosesnya lancar maka pengajuan kredit pembelian mobil setengah pakai hanya butuh waktu lebih kurang dua hari saja.

“Begitu ada uang muka dan berkas komplit, ACC (disetujui) langsung mobil bisa dibawa, paling dua hari selesai,” kata Tri kepada Kompas.com, Minggu (13/12/2020).

Menurut dia, yang bikin lama itu, rata-rata disebabkan karena berkasnya biasanya banyak yang kurang, sehingga harus dilengkapi terlebih dahulu.

“Tergantung berkasnya mas, kalau tidak ada yang kurang langsung proses sehari bisa. Rata-rata yang lama itu berkas dari konsumen kurang, contoh mau kredit tidak punya NPWP harus membuat dulu,” tuturnya.

Pemilik showroom mobil bekas XL AHM Autocars Hadi Cahyono mengatakan, untuk proses pengajuan kredit mobil bekas tergantung persyaratan dan juga leasing yang dipilihnya.

Hal ini karena setiap leasing mempunyai kebijakan atau prosedur yang tidak sama dalam pengajuan kredit.

“Untuk pengajuan kredit mobil bekas tergantung persyaratan dan leasing yang dipilihnya. Tapi kalau semuanya sudah lengkap dan disetujui, tiga hari mobil sudah bisa sampai ke tangan konsumen,” ucapnya.

Tetapi, jika persyaratan tidak lengkap dan ada permasalahan lain saat pengajuannya bisa saja waktu yang dibutuhkan juga akan lebih lama lagi.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/12/14/071200615/beli-mobil-bekas-secara-kredit-berapa-lama-unit-sampai-ke-rumah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke