Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Per Standar Motor

Kompas.com - 26/11/2020, 18:51 WIB
Penggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping. Ari PurnomoPenggunaan standar tengah lebih disarankan saat kendaraan parkir dalam waktu cukup lama. Hal ini karena standar tengah lebih seimbang dibandingkan dengan standar samping.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Standar punya peran cukup penting berfungsi pada sepeda motor. Karena itu standar juga butuh diperhatikan agar tetap bisa beroperasi seperti seharusnya.

Yadi, mekanik bengkel Berkat Motor Service di Depok, Jawa Barat, mengatakan, standar motor perlu dirawat agar tidak berkarat. Apalagi saat ini sudah mulai memasuki musim hujan.

Baca juga: Efek Buruk Motor Sering Pakai Standar Samping Saat Parkir

"Masalah yang ada di standar itu biasanya bagian pernya berkarat. Kalau sudah berkarat, per akan mudah patah. Jika patah posisi standar tidak bisa dikembalikan seperti semula," kata Yadi kepada Kompas.com, belum lama ini

Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.Ari Purnomo Standar samping sepeda motor lebih sering digunakan dibandingkan dengan standar tengah. Salah satunya karena lebih mudah dalam pengoperasiannya.

Karena itu kata Yadi, penting untuk menjaga kondisi standar. Sebab jika standar sudah patah pasti akan merepotkan pemilik motor saat akan berkendara.

"Cara paling mudah untuk merawatnya adalah dengan menjaga kebersihannya. Jika sehabis melewati genangan air atau jalan berlumpur, segera bersihkan dari kotoran yang menempel," katanya.

Baca juga: Yamaha All New Nmax 155 Standar Sudah Connected, Harga Rp 31 Juta

Selain itu bisa gunakan cairan anti karat, agar per tidak mudah mengalami korosi. Bagian as standar juga sebaiknya dilumasi, untuk memperlancar gerakan standar.

Selalu perhatikan kondisi per terutama standar tengah. Caranya mudah, saat melewati polisi tidur per yang lemah biasanya akan membuat standar mengayun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X