Astra Tol Cipali Siap Hadapi Libur Natal dan Akhir Tahun

Kompas.com - 26/11/2020, 15:47 WIB
 Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019 KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Ilustrasi Tol Cipali saat dipakai pemudik musim lebaran 2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Jelang libur natal dan tahun baru (Nataru), ASTRA Tol Cipali memprediksi volume lalu lintas yang melintasi Gerbang Tol Palimanan meningkat sebesar 12.6 persen dibandingkan dengan tahun 2019.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan di Nataru 2020, ASTRA Tol Cipali akan memaksimalkan pengoperasian di Gerbang Tol Palimanan dengan membuka 30 gardu tol otomatis (GTO) dan 15 mobile reader.

ASTRA Tol Cipali bahkan melakukan penambahan 4 unit gardu satelit dengan 14 gardu utama, 7 Gardu Tol Otomatis (GTO), 3 gardu satelit arah Palimanan dan 5 arah Cikopo.

Baca juga: Tips Makan Murah Saat Naik Bus AKAP Sumatera

Astra Tol Cipali tingkatkan layanan jelang libur natal dan tahun baru.Istimewa Astra Tol Cipali tingkatkan layanan jelang libur natal dan tahun baru.

Selain itu, pada fasilitas informasi dilakukan penambahan 2 unit VMS (Variable Message Sign) yang berada di lajur Cikopo dan lajur Palimanan sehingga total VMS yang tersebar di sepanjang Ruas Tol Cipali sebanyak 9 unit.

Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, mengatakan, dengan penambahan sarana ini diharapkan dapat menambah kelancaran transaksi di gerbang tol.

“Dengan adanya penambahan 4 unit gardu satelit di Gerbang Tol Palimanan dan VMS dengan fitur terkini merupakan upaya kami dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jalan sehingga perjalanan di Tol Cipali dapat dirasakan Lancar, Aman dan Nyaman,” ujar Agung, dalam keterangan tertulis (26/11/2020).

Baca juga: Nissan Terra Facelift Meluncur, Siap Tantang Fortuner dan Pajero Sport

Simpang susun Subang di ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali), terletak di wilayah Kertajati, Subang, Jawa BaratFurqon Abdi Simpang susun Subang di ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali), terletak di wilayah Kertajati, Subang, Jawa Barat

Selain meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan, ASTRA Tol Cipali juga meningkatkan sisi keselamatan lalu lintas.

Bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan dan Polda Jawa Barat, ASTRA Tol Cipali secara rutin setiap tiga bulan sekali melakukan operasi penindakan over dimension dan overload (ODOL) kepada kendaraan golongan 2-5.

Tidak hanya itu, sinergi ASTRA Tol Cipali dan Polda Jawa Barat juga dilakukan dalam melakukan operasi speed gun atau batas kecepatan.

Baca juga: Kriteria Mobil Bekas Paling Dicari Konsumen di Masa Pandemi

Astra Tol Cipali Kampanye Bulan Keselamatan BerkendaraAstra Tol Cipali Astra Tol Cipali Kampanye Bulan Keselamatan Berkendara

Operasi ini dilakukan setiap 2 bulan sekali guna memberikan efek jera dan sebagai bentuk ajakan untuk berkendara sesuai aturan dengan tertib mematuhi batas kecepatan mininmal 60 kpj dan maksimal 100 kpj.

ASTRA Tol Cipali juga melakukan penambahan fasilitas keselamatan dengan memasang pembatas jalan yang biasa disebut wire rope.

Saat ini sudah terpasang sepanjang 44 KM sampai akhir Desember akan terpasang 79 Km dan dipastikan sebelum Lebaran tahun 2021 wire rope akan terpasang di Ruas Tol Cipali sepanjang 106 KM.

“Sampai dengan pertengahan November 2020 angka kecelakaan di Tol Cipali mengalami penurunan sebesar 7 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2019, sedangkan angka fatalitas menurun sebanyak 75 persen,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X