Video Viral Ban Lepas, Ini Pentingnya Kencangkan Baut pada Pelek Mobil

Kompas.com - 26/11/2020, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar video di media sosial yang memperlihatkan sebuah ban terlepas dari mobil MPV berwarna hitam di ruas jalan tol.

Belum diketahui pasti dimana kejadian tersebut terjadi, tetapi dalam video berdurasi 30 detik yang di unggah oleh akun instagram @dashcam_owners_indonesia itu terlihat satu ban mobil menggelinding hingga beberapa meter sesaat setelah terlepas dari mobil MPV.

Baca juga: Perbedaan Lexus UX Biasa dan UX 300e yang Full Electric

Kondisi ini tentu berbahaya bagi pengemudi mobil dan pengendara yang berada di sekitar. Sebab, tidak jarang dari mereka yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi di jalan tol, sehingga akan sulit untuk menghindari ban tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Menanggapi kejadian ini, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, salah satu hal yang bisa menjadi penyebab adalah tidak memasang baut atau mur gading-gading roda dengan kencang.

Menurutnya, jika ada satu baut yang terlepas berarti ada kemungkinan baut lain juga dalam kondisi yang sama.

“Kalau satu terlepas itu kemungkinan besar yang lainnya juga longgar, jarang sekali kalau ada satu yang lepas maka yang lainnya masih kencang itu jarang terjadi. Kalau lupa (mengencangkan) satu berarti lupa semuanya,” ujar Suparna belum lama ini saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Tantang Harley-Davidson, Honda Rilis Rebel 1100

Maka tidak heran jika ada satu baut yang terlepas, maka akan menyebabkan baut yang juga terlepas. Akibatnya sangat fatal karena bisa saja menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Kalau sampai baut pelek terlepas itu bahaya sekali, akan menyebabkan roda terlepas dari hapnya. Beberapa kasus ban yang menyalip kita, padahal ternyata ban itu adalah dari mobil kita sendiri bahkan sudah sering terjadi,” katanya.

Ilustrasi mengganti baut roda pada mobil.tirechangers.ca Ilustrasi mengganti baut roda pada mobil.

Jika hal itu terjadi, maka bukan hanya pemilik mobil saja yang bisa celaka tetapi juga pengendara lainnya. Mengingat, roda yang terlepas dari hapnya tentunya akan berjalan tanpa terkendali. Padahal, di jalan raya banyak pengendara lain yang tentunya tidak menyadari hal tersebut.

Selain berbahaya, lepasnya baut pada pelek juga berdampak pada kerusakan komponen pada bagian kaki-kaki. Mulai dari hap roda, bearing roda, pelek dan juga kerusakan komponen lainnya.

“Saat roda terlepas, yang namanya hap akan mendapatkan tekanan yang tidak seimbang seperti dipukul-pukul, roda tidak kencang. Komponen yang rusak seperti hapnya pasti rusak, mur roda, pelek dan juga bearing,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.