PO Borlindo Rilis Dua Bus Baru dari Karoseri New Armada

Kompas.com - 26/11/2020, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Borlindo asal Sulawesi baru saja merilis dua bus baru dari karoseri New Armada. Dua bus ini menggunakan bodi Evolander SHD yang dipasangkan dengan sasis Volvo B11R.

PO Borlindo memang terkenal dengan bus yang memakai sasis premium. Belum lagi unit Evolander SHD milik PO Borlindo ini memiliki keunikan dibanding model Evolander pada umumnya.

Jika dilihat sekilas, bus dengan kelir putih dan livery biru dan putih ini terlihat lebih besar daripada biasanya. Tampilan yang terlihat besar ini sengaja dibuat sesuai pesanan khusus PO Borlindo.

Baca juga: Efek Buruk Motor Sering Pakai Standar Samping Saat Parkir

Bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Bus AKAP PO Borlindo

Development Design New Armada Deddy Hermawan mengatakan, permintaan PO Borlindo yaitu bagasi yang lebih tinggi dan model kaca samping yang dibuat lebih ramping.

“Sepertinya kostumer ingin jual bagasi atau daya muatnya jadi keunggulan. Ukuran kaca yang lebih sempit karena lantainya yang lebih tinggi. Kekurangannya pandangan samping jadi sempit,” ucap Deddy kepada Kompas.com, Rabu (25/11/2020).

Namun tampilan eksterior, terutama dari samping malah terlihat seperti bus yang sangat tinggi. Melihat bodi yang lebih tinggi lalu dengan bentuk kaca samping yang tipis, membuat kesan bus yang sangat besar.

Baca juga: Honda CR-V Rebut Takhta Medium SUV Terlaris pada Oktober 2020 dari Almaz

Kabin bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Kabin bus AKAP PO Borlindo

Sales Executive New Armada Jatibaru, Gerry Adrian mengatakan, susunan kursi di kabinnya juga mengikuti tren jaga jarak, memakai model 1 di kiri, 1 di tengah dan 1 di kanan (1-1-1).

“Betul komposisinya 1-1-1 dan pakai leg rest. Total kursinya bisa 27 sampai 29 seat, bisa diubah-ubah. Di dalamnya tidak ada toilet,” ucap Gerry kepada Kompas.com.

Kembali ke bagian luar bus, ada pelindung besi yang ada di bagian atas kaca bus ini. Jika biasanya di bus Sumatera fungsi tameng ini untuk menghindari lemparan batu, berbeda dengan bus untuk di Pulau Sulawesi ini.

Kabin bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Kabin bus AKAP PO Borlindo

“Fungsinya melindungi kaca atas. Jalur Sulawesi Selatan kan lewat hutan, belum ada tol. Sengaja dibuat kecil biar pandangan penumpang ke depan tidak terganggu,” kata Gerry.

Memang benar, walaupun mengadopsi model double glass, pandangan ke depan tidak terhalang oleh pelindung kaca. Begitu juga sekat antara kaca atas dan bawah yang bentuknya tipis, membuat pandangan penumpang luas ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.