Jangan Biasakan Badan Terlalu Dekat dengan Setir Mobil

Kompas.com - 24/11/2020, 19:21 WIB
Posisi mengemudi yang salah Coconotes - BloggerPosisi mengemudi yang salah

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemudikan mobil memanglah sebuah keahlian yang bisa dipelajari. Namun walaupun sudah bisa, kadang ada saja yang salah dalam pengoperasiannya.

Misalnya, sering kita temui pengemudi yang terlalu dekat dengan setirya, selain itu ada juga yang terlalu santai sehingga jauh dengan setir. Padahal sebelum mengemudi, harus memiliki postur tubuh yang tepat agar lebih aman.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, Sebelum ketahui cara benar dalam memegang setir, saat masuk ke mobil, sesuaikan postur mengemudi yang ergonomis.

Baca juga: Morbidelli Sebut MotoGP 2021 Akan Fantastis bersama Valentino Rossi

Posisi mengemudi ideal yang dipraktekan saat Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Posisi mengemudi ideal yang dipraktekan saat Honda Safety Driving Clinic di kawasan Sirkuit Sentul, Bogor, Minggu (15/7/2018).

“Lalu punya ruang yang cukup antara badan, lebih tepatnya dada dengan setir, jangan terlalu dekat atau jauh. Kalau terlalu dekat, ketika ingin melakukan manuver mendadak, maka gerakan tangan akan terhalang tubuh,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Selasa (24/11/2020).

Kedua, fitur airbag tidak akan sempurna meledak saat mobil berbenturan. Karena badan yang terlalu dekat, membuat fungsi airbag tidak akan maksimal menyerap momentum badan saat terjadi tabrakan.

“Cara mengatur jarak duduk tidak terlalu dekat atau jauh dengan kemudi, sesuaikan sandaran punggung. Lalu taruh tangan di posisi setir yang paling jauh, yaitu ada di bagian atas atau jam 12,” kata Jusri.

Baca juga: Diskon Avanza Tembus Rp 20 Juta, Ertiga Rp 25 Juta

Pastikan tangan lurus saat memegang setir di angka 12 dan punggung menyandar dengan sempurna. Lalu letakkan tangan di jam 9.15 atau 10.10, tergantung dari ukuran setirnya, selama tangan membuat sudut 35 derajat.

“Pastikan jempol tidak masuk ke bagian dalam setir, inilah posisi yang siap. Kemudian ketika memuta setir, kedua tangan jangan terlepas, pakai metode pull and push saat melakukan manuver,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X