Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joan Mir Menolak Pakai Nomor Start 1 untuk MotoGP 2021

Kompas.com - 23/11/2020, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pebalap yang berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP berhak menggunakan nomor start 1. Tak terkecuali, Joan Mir yang menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Pebalap Suzuki tersebut merupakan pebalap paling konsisten di musim ini. Meski hanya meraih satu kali kememangan, tapi Mir mampu mengumpulkan poin paling banyak.

Baca juga: Hasil MotoGP 2020, Oliveira Juara di Kandang Sendiri, Mir Mogok

Mir mengatakan, manajer tim Suzuki, Davide Brivio, ingin dirinya memiliki nomor start 1 untuk MotoGP 2021. Namun, Brivio juga tidak sepenuhnya yakin.

Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Joan Mir meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 saat balapan di MotoGP Valencia. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Sebab, dengan nomor start 36, saya sudah menjadi juara dunia dua kali dan ini adalah nomor yang memberikan saya keberuntungan," ujar Mir, dikutip dari GPone.com.

Di MotoGP, terdapat mitos kutukan nomor 1. Kutukannya adalah pebalap mana yang menjadi juara dunia dan menggunakan nomor start 1 di musim berikutnya, tidak akan bisa memertahankan gelar tersebut.

Baca juga: Joan Mir Juara, Suzuki Kasih Diskon Seluruh Suku Cadang Resmi

Pebalap sekelas Valentino Rossi dan Marc Marquez pun tidak mau menggunakan nomor start 1. Terlepas dari percaya atau tidak percaya adanya kutukan tersebut.

Khusus era MotoGP, tidak ada pebalap yang bisa memertahankan gelar juara dunia ketika menggunakan nomor start 1. Contohnya, Casey Stoner pada musim 2008 dan Jorge Lorenzo di musim 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com