Mau Disuntik Mati, Yamaha Indonesia Sudah Tidak Jual YZF-R6

Kompas.com - 23/11/2020, 09:02 WIB
Yamaha YZF-R6 terbaru dalam penggalan video resmi. captured from YouTubeYamaha YZF-R6 terbaru dalam penggalan video resmi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai 2021 Yamaha mengumumkan akan menyuntik mati Yamaha YZF-R6 kecuali untuk model balap. Lantas bagaimana nasib motor sport tersebut di Indonesia.

Seperti diketahui, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengimpor resmi secara CBU beberapa motor tipe sport dari luar negeri, yang salah satunya Yamaha R6 

Namun Antonius Widiantoro, Public Relation Manager Yamaha Indonesia mengatakan, sebetulnya untuk R6 sendiri unitnya memang sudah tidak dijual lagi Indonesia.

Baca juga: Yamaha Suntik Mati R6, Kecuali Versi Balap

Yamaha R6Foto: Tangkapan layar situs Yamaha Indonesia Yamaha R6

"Kita memang sudah tidak ada sekarang. Itu barang impor, R6 sudah tidak kita jual. Tapi dari kapannya saya harus cek dulu, tapi memang sudah tidak kita jual lagi," kata Anton saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (22/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat ini katalog R6 masih ada di situs resmi Yamaha Indonesia. Foto yang dipajang ialah R6 model lama. Banderolnya Rp 270 juta on the road (OTR) Jakarta, dengan pernyataan harga rekomendasi. 

"Dan itu kan impor, jadi memang diperhitungkan untuk megimpor produk-produk tersebut. Salah satunya permintaan konsumen, dan impor tidak bisa cepat. Jadi kami mengkalkulasi setiap impor berdasarkan permintaan konsumen dan demand-nya ke depan seperti apa," katanya.

"Karena tidak bisa kami mau impor satu unit (saja) kemudian langsung impor, tidak bisa karena pasti biayanya akan besar sekali," kata Anton.

Baca juga: Momen Haru Perpisahan Valentino Rossi dengan Yamaha

Yamaha R6 model 2017 yang dari depan sekilas mirip R1.Yamaha Yamaha R6 model 2017 yang dari depan sekilas mirip R1.

Diberitakan sebelumnya, mulai 2021 Yamaha akan menyetop produksi R6 versi legal atau yang dipakai harian, dan hanya menjual untuk versi balapan di sirkuit atau tanpa homologasi.

Yamaha R6 dijual sebab pabrikan enggan melakukan standarisasi Euro5. Adapun homologasi Euro5 pada R-Series akan dilakukan untuk beberapa model dimulai dari R125 sampai R1.

"Saya tidak tahu itu diskontinue apakah bakal keluar model barunya kita juga belum tahu. Saya juga baru dengar beberapa hari lalu bahwa ini diskontinue. Tapi memang kondisinya kita tidak jual saat ini," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.