Kompas.com - 21/11/2020, 17:41 WIB
Bus AKAP Rosalia Indah picuki.comBus AKAP Rosalia Indah

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah merupakan salah satu operator bus AKAP yang terkenal saat ini. Berbagai jenis armada dimiliki PO asal Karanganyar ini, mulai single deck sampai bus tingkat atau double decker.

Memiliki armada yang banyak, membuat PO Rosalia Indah turut memberi nomer seri di pintunya atau nomor pintu. Biasanya kode ini dimulai dari HDD 507 atau ada juga yang SDD 131. Lalu apa arti dari nomor-nomor tersebut?

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, angka pertama menandakan sasis apa yang digunakan, sedangkan kode HDD atau SHD merupakan jenis bodi yang digunakan.

Baca juga: CBR1000RR Vs Ayla, Mana Biaya Servis yang Lebih Mahal?

Bus AKAPfastrans22.blogspot.com Bus AKAP

“Dahulu waktu nomor pintunya belum sampai 4xx, angka depan 1 itu menunjukkan sasis Hino. Kalau angka depannya 3, berarti memakai sasis Mercedes Benz,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Jumat (20/10/2020).

Lalu untuk kode HDD dan SDD berarti bodi yang digunakan. Misalnya pakai bodi dari Adiputro, HDD artinya High Deck Double Glass. Sedangkan SDD untuk bodi bus tingkat buatan Adiputro, Super Double Deck.

“Kalau pakai bodi Tentrem, sesuai bodinya juga. Misalnya H9 3xx atau H8 1xx. Mungkin kalau Laksana ada XHD juga,” kata Dimas.

Baca juga: Punya Uang Rp 70 Juta di Balai Lelang, Dapat Kijang Innova atau Harrier Bekas

Selain itu, PO Rosalia Indah juga sering memodifikasi bus-bus miliknya. Misalnya bus dengan bodi Laksana miliknya, tidak mau dibuat sama dengan yang lainnya, pemilik Rosalia Indah meminta perbedaan di pilar A dan Z yang dilabur warna sama dengan bodinya.

Lalu ada juga bus Rosalia Indah HDD 507. Uniknya bus ini memakai bodi Adiputro HDD namun menggunakan kaca samping yang ekstra lebar. Begitu juga bus buatan Tentrem, pilar A dan Z nya dilabur sewarna bodi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.