Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox untuk Motor Jalanan

Kompas.com - 21/11/2020, 12:41 WIB
Paten seamless shift gearbox milik Ducati untuk motor produksi massal Cycle WorldPaten seamless shift gearbox milik Ducati untuk motor produksi massal

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi pada beberapa motor jalanan diturunkan dari motor balap MotoGP. Teknologi tersebut akan bertambah dengan Ducati dikabarkan sedang menyiapkan seamless shift gearbox.

Beberapa tahun lalu, para pembuat regulasi di MotoGP memutuskan untuk beralih dari 2-tak ke 4-tak. Dengan harapan, motornya akan lebih relevan dengan motor produksi massal.

Baca juga: Ducati Luncurkan Panigale V4 SP, Terinspirasi Motor Tes MotoGP

Tak sedikit teknologi yang sudah diturunkan dari motor MotoGP ke motor jalanan, seperti kontrol traksi, quickshifter, inertial measurement unit, winglet aerodinamis, mesin bertenaga lebih dari 200 tk, dan lainnya.

Paten seamless shift gearbox milik Ducati untuk motor produksi massalCycle World Paten seamless shift gearbox milik Ducati untuk motor produksi massal

Dikutip dari Cycleworld.com, Ducati sedang mengembangkan seamless shift gearbox untuk motor jalanan. Bahkan, teknologinya juga sudah didaftarkan untuk dipatenkan.

Seamless shift gearbox adalah sistem transmisi yang membuat perpindahan gigi lebih mulus, tanpa adanya jeda atau deselerasi sepersekian detik. Berbeda dengan quickshifter, seamless shift gearbox benar-benar mulus, tanpa ada hentakan sedikit pun.

Baca juga: Sangar, Ducati Luncurkan XDiavel 2021

Seamless shift gearbox mirip dengan Dual Clutch Transmission (DCT) milik Honda. Bedanya, Ducati tidak menggunakan kopling ganda, tapi kombinasi roller bearing yang dapat terkunci.

Ducati mengembangkan seamless shift gearbox yang lebih sederhana dan lebih murah. Selain itu, disebutkan juga bahwa teknologi transmisi ini bisa disematkan pada girboks konvensional. Sehingga, cocok untuk motor produksi massal atau motor balap.

Paten yang diajukan tidak lagi berbentuk gambar sketsa, melainkan foto. Artinya, paten tersebut bukan cuma sebatas ide liar, melainkan sudah dites dan dibuat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X