Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Kembangkan Seamless Shift Gearbox untuk Motor Jalanan

Kompas.com - 21/11/2020, 12:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi pada beberapa motor jalanan diturunkan dari motor balap MotoGP. Teknologi tersebut akan bertambah dengan Ducati dikabarkan sedang menyiapkan seamless shift gearbox.

Beberapa tahun lalu, para pembuat regulasi di MotoGP memutuskan untuk beralih dari 2-tak ke 4-tak. Dengan harapan, motornya akan lebih relevan dengan motor produksi massal.

Baca juga: Ducati Luncurkan Panigale V4 SP, Terinspirasi Motor Tes MotoGP

Tak sedikit teknologi yang sudah diturunkan dari motor MotoGP ke motor jalanan, seperti kontrol traksi, quickshifter, inertial measurement unit, winglet aerodinamis, mesin bertenaga lebih dari 200 tk, dan lainnya.

Paten seamless shift gearbox milik Ducati untuk motor produksi massalCycle World Paten seamless shift gearbox milik Ducati untuk motor produksi massal

Dikutip dari Cycleworld.com, Ducati sedang mengembangkan seamless shift gearbox untuk motor jalanan. Bahkan, teknologinya juga sudah didaftarkan untuk dipatenkan.

Seamless shift gearbox adalah sistem transmisi yang membuat perpindahan gigi lebih mulus, tanpa adanya jeda atau deselerasi sepersekian detik. Berbeda dengan quickshifter, seamless shift gearbox benar-benar mulus, tanpa ada hentakan sedikit pun.

Baca juga: Sangar, Ducati Luncurkan XDiavel 2021

Seamless shift gearbox mirip dengan Dual Clutch Transmission (DCT) milik Honda. Bedanya, Ducati tidak menggunakan kopling ganda, tapi kombinasi roller bearing yang dapat terkunci.

Ducati mengembangkan seamless shift gearbox yang lebih sederhana dan lebih murah. Selain itu, disebutkan juga bahwa teknologi transmisi ini bisa disematkan pada girboks konvensional. Sehingga, cocok untuk motor produksi massal atau motor balap.

Paten yang diajukan tidak lagi berbentuk gambar sketsa, melainkan foto. Artinya, paten tersebut bukan cuma sebatas ide liar, melainkan sudah dites dan dibuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com