Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakter Setiap Motor Berbeda-beda, Pengendara Tak Bisa Sembarangan

Kompas.com - 21/11/2020, 14:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Akhir-akhir ini terjadi kecelakaan yang melibatkan motor Kawasaki ZX25R dengan motor lain di daerah Makassar. Tetapi, pengendara ZX25R bukanlah pemilik asli, melainkan hasil pinjam ke temannya.

Nampaknya kejadian saling pinjam atau tukar motor ini sering dilakukan oleh beberapa kumpulan orang. Tujuannya, yaitu ingin mencoba bagaimana sensasi membawa motor sport, apalagi ZX25R masih tergolong baru dengan mesin 250 cc empat silinder dengan tenaga besar.

Menanggapi peristiwa seperti ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, meminjam atau mengendarai motor orang lain memang terlihat mudah, tapi tidak seperti yang dilihat.

Baca juga: Mobil Bekas Rp 60 Jutaan di Balai Lelang, Ada Xenia, Avanza, dan BMW

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MOTRETBIKERS ? (@motretbikers)

 

Pinjam motor itu tidak boleh sembarangan, seseorang secara skill butuh waktu untuk menyesuaikan. Bisa lama kalau pemula atau cepat kalau yang sudah paham,” ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (21/11/2020).

Sony menambahkan, secara perilaku juga harus diperhatikan. Selalu ingat kalau motornya adalah pinjaman, bukan motor sendiri, jadi jangan asal nge-gas, harus step by step.

“Perhatikan karakter motor, keseimbangannya, dimensinya, horse powernya, sitting positionnya dan masih banyak lagi. Paling utama yaitu sistem pengeremannya,” kata Sony.

Baca juga: Produsen Baterai Kendaraan Asal China Akan Bangun Pabrik di Indonesia

Ketika meminjam motor orang, dalam lima menit pertama lakukan orientasi terhadap hal-hal yang tadi disebutkan. Lalu ingat juga kalau itu cuma mau mengetes, mau ada keperluan atau cuma iseng.

“Tapi kalau cuma iseng lebih baik jangan, risikonya tinggi. Karena yang keluar hasilnya cuma mau gaya. Nanti jadi memalukan dan merugikan kalau sampai kecelakaan,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com