Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2020, 20:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai bentuk dukungan terhadap program Jakarta Langit Biru yang diinisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Gojek ikut berpartisipasi dengan memberikan uji emisi gratis kepada para mitra ojek daring.

Gautama Adi Kusuma, VP Public Policy and Government Relations Gojek, mengatakan, uji emisi diberlakukan secara gratis hingga akhir tahun ini.

“Sejak awal, Gojek telah menjalankan berbagai inisiatif untuk mendorong upaya-upaya menjaga lingkungan,” ujar Adi, dalam keterangan tertulis (19/11/2020).

Baca juga: Dishub DKI Mewajibkan Angkot Jak Lingko Konsumsi Pertalite

Petugas menyemprot disinfektan kepada pengendara ojek online setelah pembagian masker di Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat, Senin (4/5/2020). Provinsi DKI Jakarta memasuki pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diperpanjang ke tahap kedua. Tujuan PSBB ini adalah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas menyemprot disinfektan kepada pengendara ojek online setelah pembagian masker di Jl. Letjen S. Parman, Jakarta Barat, Senin (4/5/2020). Provinsi DKI Jakarta memasuki pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang diperpanjang ke tahap kedua. Tujuan PSBB ini adalah untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

Melalui uji emisi kendaraan bermotor bagi mitra-mitra driver, Gojek berupaya menjaga kualitas gas buang pada kendaraan para mitra, agar sesuai dengan ambang batas yang telah ditetapkan pemerintah.

Selain itu, uji emisi juga bermanfaat untuk mengukur kualitas mesin dari setiap kendaraan, sehingga secara jangka panjang dapat berkontribusi pada efisiensi penggunaan bahan bakar dan pengendalian emisi yang diciptakan.

“Hal ini penting mengingat uji emisi juga merupakan bagian dari upaya preventif untuk menjaga kualitas mesin kendaraan mereka,” ucap Adi.

Baca juga: PO ALS Rilis Lagi Bus Baru untuk Trayek Medan - Ujung Gading

IlustrasiShuterstock Ilustrasi

“Harapannya, upaya baik dari Pemerintah ini bisa disambut bersama-sama oleh seluruh pihak demi mewujudkan lingkungan yang terjaga, khususnya kualitas udara yang layak bagi semua,” katanya.

Sementara itu, Wakil Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Syaripudin, mengapresiasi langkah Gojek dalam menjalankan inisiatif ramah lingkungan.

“Untuk turut menyukseskan program Jakarta Langit Biru kami mengajak Gojek untuk terlibat dalam kegiatan uji emisi kendaraan bermotor,” ujar Syaripudin, dalam kesempatan yang sama.

“Dimulai dari 100 kendaraan mitra driver, kami berharap kolaborasi ini dapat terus berlanjut,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.