Mengenal Posisi Kandang Macan di Bus AKAP

Kompas.com - 19/11/2020, 17:41 WIB
Kandang macan bus AKAP Karoseri LaksanaKandang macan bus AKAP

JAKARTA, KOMPAS.comBus antar kota antar provinsi (AKAP) memiliki trayek yang jauh dengan waktu tempuh yang lama. Biasanya dalam satu bus memiliki dua pengemudi agar bisa bergantian saat salah satu sopir kelelahan.

Selagi pengemudi pertama sedang mengemudi, sopir yang kedua biasanya melakukan istirahat agar segar nantinya saat bergantian. Tempat istirahat untuk pengemudi kedua biasanya disebut sebagai kandang macan.

Biasanya posisi kandang macan ada di belakang kursi penumpang, dekat kaca belakang. Namun ada juga yang berada di depan, seperti yang ada di bus tingkat milik PO Laju Prima yang baru ini dirilis karoseri Laksana.

Baca juga: Ini Bedanya Tuas Transmisi Mobil Matik Model Lurus dan Zig-zag

Tempat tidur sopir busKompas.com/Fathan Radityasani Tempat tidur sopir bus

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, posisi penutup cover ECU bus dijadikan tempat istirahat sopir atau kandang macan. Karoseri Laksana sendiri pun memberi kasur tersendiri untuk dipakai pengemudi beristirahat.

“Kandang macannya ada di belakang pengemudi. Tempatnya memang di situ, sesuai dengan permintaan costumer,” ucap Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Membuat kandang macan di belakang pengemudi juga ide yang tidak buruk. Karena pengemudi tidak harus melewati banyak penumpang untuk beristirahat jika kandang macannya ada di kabin bagian belakang bus.

Baca juga: Dishub DKI Mewajibkan Angkot Jak Lingko Konsumsi Pertalite

Kandang macan bus AKAPKompas.com/Fathan Radityasani Kandang macan bus AKAP

Selain di bus tingkat, ada juga posisi kandang macan yang ada di dekat pengemudi. Seperti yang ditemui Kompas.com di bus PO Nusantara dengan bodi Maxi Miracle SHD buatan karoseri Nusantara Gemilang, di Bogor belum lama ini.

Bus AKAP jurusan Bogor – Kudus ini memiliki dua kandang macan. Satu ada di belakang kursi penumpang seperti biasanya, satu lagi persis ada di samping pengemudi, di bawah tangga masuk ke kabin penumpang.

Tempat istirahat yang persis di sebelah pengemudi ini memungkinkan untuk dibuat jika bodi busnya tinggi. Begitu juga kandang macan yang ada di bus buatan Adiputro, Jetbus 3+ Ultra High Deck (UHD).



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X