PO ALS Rilis Lagi Bus Baru untuk Trayek Medan - Ujung Gading

Kompas.com - 19/11/2020, 12:41 WIB
Bus AKAP PO ALS Karoseri LaksanaBus AKAP PO ALS

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan otobus (PO) Antar Lintas Sumatera (ALS) akhir-akhir ini memang sering merilis bus baru. Sebelumnya rilis dari Adiputro dengan bodi Jetbus 3+ HDD dan Tentrem dengan bodi Avante H7, sekarang baru lagi dari Laksana.

Bodi yang digunakan pada PO bus asal Medan ini yaitu Legacy SR2 HD Prime S Series. Untuk sasisnya, menggunakan Mercedes Ben OH 1526 New Generation yang masih model ladder frame dan memakai per daun atau leaf spring.

“Baru rilis satu unit pakai sasis baru Mercedes Benz 1526 dengan bodi Legacy SR2 HD Prime S Series,” ucap Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto kepada Kompas.com, Kamis (19/11/2020).

Baca juga: Beda Rp 150.000, Pilih Honda Scoopy atau Vario 125 CBS?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Antar Lintas Sumatera (ALS) (@pt.antarlintassumatera)

 

Secara eksterior, bus ini memakai warna khas dari PO ALS yaitu hijau dengan livery perpaduan warna biru, silver dan oranye. Kemudian di pintu penumpang dan pengemudinya bertuliskan nomer 147 dengan trayek Medan (Sumatera Utara) – Ujung Gading (Sumatera Barat).

Beralih ke interior, bus ini direncanakan untuk melayani kelas ekonomi AC. Memiliki susunan kursi dua kiri dua kanan (2-2) tanpa leg rest dan foot rest. Berbeda dengan kebanyakan kelas ekonomi AC yang ada di pulau Jawa yang biasanya memakai susunan 3-2.

Total kursi yang ada di kelas ekonomi AC ini sebanyak 48 unit. Kursinya sendiri unik, tetap mengandalkan material fabric berwarna dominan biru dengan motif hijau stabilo buatan Rimba Kencana.

Baca juga: Khusus Warga DKI, Beli Mobil Baru Wajib Sertakan Surat Punya Garasi?

Kabin bus AKAPKaroseri Laksana Kabin bus AKAP

Fasilitas yang ada di bus ini yaitu kursi dengan arm rest, ada dua televisi di depan dan tengah kabin serta colokan listrik yang ada di bagasi di atas kepala penumpang. Namun di kabinnya tidak tersedia toilet.

Kemudian untuk bagasinya, karena masih menggunakan sasis ladder frame, bagasinya tembus namun ada pilar sasis yang menutupi. Sasis ladder frame memang masih dipercaya karena kekuatannya melibas jalanan Sumatera yang medannya berat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X