MotoGP Bantah GP Indonesia Dapat Perlakuan Khusus

Kompas.com - 18/11/2020, 08:42 WIB
Mandalika Racing Team (MRT) Indonesia dikabarkan akan berpartisipasi pada kategori Moto2 dalam ajang MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara (Dok. Shutterstock/mooinblack) Mandalika Racing Team (MRT) Indonesia dikabarkan akan berpartisipasi pada kategori Moto2 dalam ajang MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara (Dok. Shutterstock/mooinblack)

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport sudah mengeluarkan kalender balap sementara MotoGP musim 2021. Indonesia yang rencananya jadi tuan rumah masuk daftar cadangan atau reserve date.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) berujar, reserve date bukan berarti cadangan. Adapun Indonesia diberikan perlakuan khusus karena Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit baru.

Baca juga: Sirkuit Mandalika Siap Gelar MotoGP, Meski Tanpa Penonton

Seorang antusias balap Tanah Air kemudian mengonfirmasi hal tersebut kepada MotoGP untuk menanyakan apakah betul Indonesia mendapat perlakuan khusus dan bisa memilih jadwal balapan.

Tak disangka, e-mail tersebut dibalas pihak MotoGP, tetapi dengan isi berupa sanggahan. E-mail balasan itu kemudian diunggah ke media sosial, salah satunya Twitter.

Penggalan kalimat dalam isi e-mail tersebut sebagai berikut:

"Sehubungan dengan pertanyaan Anda, dengan hormat kami informasikan bahwa Indonesia belum menerima perlakuan khusus dan hanya dapat masuk ke kalender pada tahun 2021 jika mereka selesai membangun sirkuit dan jika ada tanggal yang tersedia, seandainya GP lain dibatalkan," tulis pihak MotoGP, dikutip pada Selasa (17/11/2020).

Lahan yang dikembangkan oleh PT ITDC di Mandalika, Lombok, NTBKOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Lahan yang dikembangkan oleh PT ITDC di Mandalika, Lombok, NTB

Menanggapi unggahan tersebut, Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto mengatakan, pihaknya belum bisa memberi pernyataan apa pun.

"Kami belum dapat jawabannya. Nanti kalau sudah dapat jawaban, saya kabari ya," kata Happy saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Baca juga: Target MGPA Sirkuit Mandalika Kelar Juni 2021

Happy hanya mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar konferensi pers.

Sirkuit Mandalika Foto: Istimewa Sirkuit Mandalika

Menilik balasan e-mail dari pihak MotoGP, disebut bahwa Indonesia dapat masuk jadwal jika pembangunan sirkuit telah selesai dan seandainya ada GP atau seri lain yang dibatalkan.

Saat ini, pihak MGPA tengah menggenjot penyelesaian sirkuit itu. Sebelumnya, Happy pernah mengatakan bahwa semua target MGPA sudah selesai pada Juni 2021.

"Target MGPA adalah Juni 2021 sudah selesai. Sekarang ini sedang dikerjakan 24 jam, siang dan malam. Lalu, Juli 2021 akan dilakukan pengetesan," kata Happy, awal November 2020.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X