Cedera Marquez Disebut Belum Sembuh, Bisa Absen hingga MotoGP 2021

Kompas.com - 18/11/2020, 07:42 WIB
Marc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020 HRCMarc Marquez saat berlaga di GP Andalusia 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Cidera lengan Marc Marquez dikabarkan belum sembuh, sehingga harus menjalani operasi ketiga sempat tersiar beberapa waktu lalu. Perihal itu sempat ditepis oleh pihak Honda, namun belakangan ini rumors kembali santer diperbincangkan.

Dikutip dari Speedweek.com, Marc dan manajernya, Emilio Alzamora, kehilangan kepercayaan pada para dokter di Hospital Universitari Dexeus, Barcelona, yakni dr. Xavier Mir dan dr. Barrera.

Baca juga: Rumor Dovizioso Gantikan Marquez di Seri Pembuka MotoGP 2021

Kedua dokter tersebut yang melakukan operasi pada lengan kanan Marc yang mengalami patah tulang pada 21 Juli 2020, dengan menyematkan pelat titanium untuk menyambung kedua tulang tersebut.

Marc Marquez Foto: Repsol Honda Marc Marquez

Pada 3 Agustus 2020, pelat titanium tersebut patah dan Marc harus menjalani operasi kedua untuk memperbaikinya. Saat itu, disebutkan bahwa dokter melakukan kesalahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah beberapa pekan berlalu, Marc tak kunjung kembali balapan. Maka itu, santer dikabarkan kondisinya masih belum mengalami kemajuan yang berarti.

Disebutkan bahwa sekarang sudah menjadi rahasia umum bahwa Marc akan menghadapi operasi ketiga. Dengan begitu, pebalap Repsol Honda yang absen hampir di semua seri MotoGP 2020 ini akan absen juga di sesi tes Sepang pada Februari 2021 dan Qatar pada Maret 2021.

Baca juga: Harapan Marc Marquez yang Pupus Musim Ini

Bahkan, Marc juga dikabarkan akan absen pada beberapa seri pertama MotoGP 2021. Maka itu, muncul kabar bahwa Andrea Dovizioso disebut-sebut akan menjadi pebalap pengganti.

Speedweek.com menuliskan bahwa Marc sudah menghubungi spesialis di Austria. Langkah tersebut diyakini merupakan rekomendasi dari para ahli di Red Bull's Diagnostic & Training Center di Thalgau.

Kabarnya, Marc akan ditangani oleh dr. Karl Golser yang juga menangani banyak pebalap top, mulai dari MotoGP hingga motocross.

Marc Marquez Foto: Repsol Honda Marc Marquez

Untuk operasi ketiga ini, Marc mungkin saja harus melakukan transplantasi tulang dan memulihkan tulang lengan atas yang hancur dengan bantuan sel induk tubuh sendiri.

Sebagai perbandingan, Dani Pedrosa harus beristirahat sekitar empat bulan setelah menjalani operasi pada Januari 2019 karena prosedur serupa.

Marc juga dikabarkan sudah menemui dr. Angel Villamor, yang merupakan dokter pribadi keluarga Raja Spanyol Juan Carlos selama bertahun-tahun. Dokter ini sukses melakukan operasi pada beberapa pebalap MotoGP, seperti Julian Simon, Fonsi Nieto, Nicky Hayden, dan Alvaro Bautista.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.