Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MotoGP Bantah GP Indonesia Dapat Perlakuan Khusus

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna Sport sudah mengeluarkan kalender balap sementara MotoGP musim 2021. Indonesia yang rencananya jadi tuan rumah masuk daftar cadangan atau reserve date.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) berujar, reserve date bukan berarti cadangan. Adapun Indonesia diberikan perlakuan khusus karena Sirkuit Mandalika merupakan sirkuit baru.

Seorang antusias balap Tanah Air kemudian mengonfirmasi hal tersebut kepada MotoGP untuk menanyakan apakah betul Indonesia mendapat perlakuan khusus dan bisa memilih jadwal balapan.

Penggalan kalimat dalam isi e-mail tersebut sebagai berikut:

"Sehubungan dengan pertanyaan Anda, dengan hormat kami informasikan bahwa Indonesia belum menerima perlakuan khusus dan hanya dapat masuk ke kalender pada tahun 2021 jika mereka selesai membangun sirkuit dan jika ada tanggal yang tersedia, seandainya GP lain dibatalkan," tulis pihak MotoGP, dikutip pada Selasa (17/11/2020).

Menanggapi unggahan tersebut, Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto mengatakan, pihaknya belum bisa memberi pernyataan apa pun.

"Kami belum dapat jawabannya. Nanti kalau sudah dapat jawaban, saya kabari ya," kata Happy saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Happy hanya mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar konferensi pers.

Menilik balasan e-mail dari pihak MotoGP, disebut bahwa Indonesia dapat masuk jadwal jika pembangunan sirkuit telah selesai dan seandainya ada GP atau seri lain yang dibatalkan.

Saat ini, pihak MGPA tengah menggenjot penyelesaian sirkuit itu. Sebelumnya, Happy pernah mengatakan bahwa semua target MGPA sudah selesai pada Juni 2021.

"Target MGPA adalah Juni 2021 sudah selesai. Sekarang ini sedang dikerjakan 24 jam, siang dan malam. Lalu, Juli 2021 akan dilakukan pengetesan," kata Happy, awal November 2020.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/11/18/084200315/motogp-bantah-gp-indonesia-dapat-perlakuan-khusus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke