Dilema Suzuki antara Joan Mir atau Alex Rins

Kompas.com - 26/10/2020, 13:41 WIB
Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (kanan), meraih podium pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020. AFP/JOSE JORDANPebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (kiri) dan Joan Mir (kanan), meraih podium pada balapan MotoGP Aragon, 18 Oktober 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Duo Suzuki Ecstar berhasil menempati podium pada MotoGP Teruel, Minggu (25/10/2020). Alex Rins dan Joan Mir tepat berada di belakang Franco Morbidelli yang menempati posisi pertama hingga garis finis.

Hal ini tentu menjadi dilema bagi Suzuki dalam persaingan merebut gelar juara dunia MotoGP. Pasalnya, kedua pebalap mereka sama-sama memiliki peluang untuk merebut gelar tersebut.

Saat ini Joan Mir berada di puncak klasemen MotoGP dengan raihan 137 poin, sedangkan Alex Rins berada di posisi 6 dengan koleksi 105 poin.

Baca juga: Mau Long Weekend, Waspada Jarak Pijar Lampu saat Perjalanan Malam Hari

Melihat peluang yang ada, Joan Mir lebih berpotensi untuk meraih gelar juara dunia MotoGP. Namun, bukan hal yang mustahil jika Rins bisa mengejar ketinggalan poin di sisa tiga seri balapan.

Alex Rins saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)ANDREAS SOLARO Alex Rins saat berlaga di MotoGP Emilia Romagna. (Photo by ANDREAS SOLARO / AFP)

Kondisi ini tentu membuat pusing Suzuki, antara mengorbankan Rins demi Mir yang kini berada di puncak klasemen atau tetap membiarkan keduanya bersaing ketat.

“Saya sadar ini bukan situasi yang bagus bagi Brivio dan tim, karena punya dua pebalap bersaing untuk menjadi juara dunia,” ujar Rins dikutip dari gpone.com, Senin (26/10/2020).

Rins mengaku, dirinya tidak akan menyerah dan masih memiliki kesempatan untuk menjadi juara dunia.

“Mir sangat cepat dan konsisten, tetapi saya masih punya kesempatan. Saat ini saya tidak begitu jauh dari Mir, meski tetap akan sulit mengejarnya,” katanya.

Baca juga: Biaya Penerbitan STNK dan BPKB Baru

Hingga saat ini, dirinya belum menerima perintah team order dari Suzuki. Namun, Alex Rins sendiri berjanji untuk membantu rekan setimnya itu pada balapan-balapan tersisa. Ia ingin melakukannya ketika sudah tidak lagi mungkin menjadi juara dunia.

"Ketika sudah tidak lagi memiliki peluang, saya akan dengan senang hati membantu Mir,” paparnya.

“Saya akan lakukan sebaik mungkin di Valencia. Walau Yamaha akan sangat tangguh di sana, kami harus berlatih sedari hari Jumat,” ucap Rins.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X