Kebiasaan Menoleh Saat Ingin Belok Masih Dilupakan Pengendara

Kompas.com - 26/10/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan astramotor.co.idIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak pengguna jalan yang sekadar bisa mengendarai sepeda motor, tapi kerap melupakan pengguna jalan lain. Padahal, mengendarai motor di Indonesia bisa dibilang merupakan aktivitas yang menantang.

Tidak jarang ditemui kejadian pemotor yang ingin belok, namun tidak menoleh ke kiri atau kanan terlebih dahulu, menyalakan lampu sein pun tidak. Perilaku ini bisa jadi menyebalkan, apalagi jika terlibat kontak dengan mereka di mulut gang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, pengendara motor yang jarang menoleh saat manuver adalah pengendara yang tidak paham keselamatan berkendara.

Baca juga: Tips dari Piaggio Indonesia Agar Bisa dapat Vespa Limited Harga Normal

Spion motor minibukalapak Spion motor mini

“Tabrakan bisa saja terjadi salah satunya karena adanya pengendara yang tidak paham rambu-rambu dalam bermanuver,” kata Sony kepada Kompas.com, Minggu (25/10/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, pengendara model ini tidak menghormati pengguna jalan lain. Bermanuver artinya mengambil jalan atau jalur orang lain, sehingga harus melihat, menyalakan lampu sein dan melakukan manuver saat sudah diberi kesempatan.

Baca juga: Jurus Baru Kemenhub Berantas Truk ODOL

“Pengendara yang tidak menoleh saat manuver hanya mengandalkan hard skill. Padahal soft skill atau perilaku saat berkendara juga penting,” ucap Sony.

Selain itu, jika tidak menoleh saat ingin manuver, masih ada titik buta atau blind spot yang tidak terlihat. Sehingga akan rawan tersenggol dengan pengguna jalan lain jika tidak menoleh sebelum melakukan manuver.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.